Pemkot
Walikota Balikpapan Rahmad Masud meresmikann sejumlah fasilitas dan peralatan kesehatan untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada warga Kota Balikpapan seperti Puskesmas Karang Jati, peralatan Echocardiography dan CT-Scan di RSUD Beriman, Sabtu (12/11/2022).

HKN 2022, Wali Kota Resmikan Puskesmas dan Penggunaan Alat Canggih Kesehatan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menunjukan komitmennya yang kuat dalam dalam mewujudkan visi dan misi di bidang kesehatan.

Hal ini terlihat dengan diresmikannya sejumlah fasilitas dan peralatan kesehatan untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada warga Kota Balikpapan seperti Puskesmas Karang Jati, peralatan Echocardiography dan CT-Scan di RSUD Beriman oleh Wali Kota Balikpapan.

Walikota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan, HKN 2022 ini menjadi pengingat akan pentingnya arti kesehatan, baik bagi diri sendiri dan juga keluarga serta orang tersayang.

“Juga membuat kita lebih disiplin akan kesehatan untuk bangkit menjadi bangsa yang besar,” ujarnya, Sabtu (12/11/2022).

Peresmian ini dilaksanakan setelah peringatan HKN 2022 yang digelar di halaman Balai Kota Balikpapan, Walikota Balikpapan beserta unsur Forkopimda dan jajaran juga mengunjungi beberapa fasilitas pelayanan kesehatan baru yang diresmikan bertepatan pada HKN ke-58 ini.

“Harapan kita dengan adanya Public Safety Center 119 Balikpapan, Puskesmas Karang Jati dan peralatan pendukung fasilitas pelayanan kesehatan baru di RSUD Beriman yang tadi kita kunjungi ini, bisa membantu pemerintah mewujudkan komitmen kita bahwa pelayanan yang baik dalam hal fasilitas dan infrastruktur kesehatan yang kita siapkan ini,” ungkapnya.

“Sehingga, dengan mudah nantinya warga bisa segera mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan visi misi kita di bidang kesehatan,” tambahnya.

Wali Kota Balikpapan mengatakan, peralatan-peralatan pendukung pelayanan kesehatan yang canggih tentunya memang diperlukan, tetapi alangkah baiknya alat-alat itu tidak digunakan.

“Lebih baik kan kita sehat semua,” tukasnya.

Terkait sejumlah kelurahan yang belum memiliki Puskesmas, Rahmad menegaskan dengan puskesmas yang sudah dimiliki saat ini juga bukan berarti mengalami kekurangan dalam hal pelayanan.

“Artinya cukup lah. Tetapi, memang ke depannya tentu membutuhkan lebih banyak lagi puskesmas seiring dengan pertumbuhan penduduk kita dan juga persiapan kita menyambut Ibu Kota Negara (IKN),” paparnya.

Prediksi banyaknya penduduk yang bermigrasi menuju Kota Balikpapan, menurutnya, juga harus diimbangi dengan penyediaan pelayanan publik yang memadai, dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

“Pasti akan banyak yang juga memilih berdomisili di Balikpapan. Infrastruktur dan fasilitas itu lah yang perlu kita siapkan, sekolah, rumah sakit, fasilitas lain termasuk sarana fasilitas umum lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Balikpapan, Andi Sri Juliarty menambahkan, sesuai dengan pesan dari Menteri Kesehatan RI terkait transformasi sistem kesehatan, Pemkot Balikpapan akan mewujudkannya dengan rencana pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan berupa rumah sakit di Balikpapan Barat dan juga Balikpapan Timur.

“Salah satunya adalah pilar dua, dengan mempercepat sistem rujukan rumah sakit.
Hal ini, saya kira selaras dengan visi misi Walikota atau Pemkot Balikpapan untuk membangun rumah sakit di wilayah Kecamatan Barat dan Timur yang memang kita ketahui bersama belum ada rumah sakit di sana,” tutupnya.

Selain itu, pada peringatan ini PT. Pamapersada Nusantara juga memanfaatkannya untuk memberikan hibah bangunan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) beserta peralatan dan perlengkapannya kepada pihak RSUD Beriman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *