Pemkot
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengikut parade bendera usai menjadi inspektur upacara pada HUT Ke 61 Gerakan Pramuka di Balikpapan, Minggu (14/8/2022).

Hut Ke 61 Gerakan Pramuka, Dipimpin Langsung Wali Kota Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Majelis Pembina Pramuka, Rahmad Mas’ud menjadi inspektur Upacara HUT ke-61 Gerakan Pramuka di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Minggu (14/8/2022).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, dalam peringatan HUT ke-61 Gerakan Pramuka ini segenap anggota gerakan Pramuka Indonesia bersukacita karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka) telah berusia 61 tahun tahu.

“Ini juga sekaligus dalam rangka memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912 Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Rahmad Mas’ud.

Dikatakannya, tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa.

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengupdate Tanpa Batas di berbagai bidang pengabdian kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka sejak Usia Pramuka Siaga adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama siap membantu orang lain,” ungkapnya.

Ditambahkannya, memberikan bantuan dan pertolongan, bisa dimulai dengan cara sederhana yang dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar.

“Semua bentuk pengabdian kita lakukan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk pramuka siaga serta ceritanya dan dasa dharma untuk golongan pramuka lainnya jadi semua kode kehormatan,” imbuhnya.

Gerakan Pramuka, ungkap Wali Kota, ditekan penting bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa antara lain diwujudkan dengan saling menolong dengan dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku agama ras dan antar golongan kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan saat ini kita masih dalam suasana pandemi tentunya untuk mengatasi menanggulangi gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran serta keterlibatan kita dalam menanggulangi pandemi 2019 kakak-kakak dan adik-adik yang telah menunjukkan tingkat seorang Pramuka,” paparnya.

Peringatan Hari Pramuka ini juga menyelenggarakan Jambore Nasional ke-11 tahun 2012 yang dilaksanakan di beberapa Cibubur dari 14 sampai dengan 21 Agustus yang diikuti oleh guntingan dari seluruh Indonesia ditambah juga gugus depan yang telah yang berpangkalan di perwakilan di RI di luar negeri dan sejumlah tamu undangan para Pandu dan tokoh Pandu berbagai negara.

“Marilah kita tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa,” tutupnya.

Mengakhiri kegiatan ini Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Majelis Pembina Pramuka, Rahmad Mas’ud memberikan penghargaan kepada para pembina pramuka yang berprestasi dan mengikuti parade bendera dalam rangka HUT ke 77 Kemerdekaan RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.