Kodam
Kodam VI/Mulawarman bekerja sama dengan PT Perkasa Sejahtera Pratama (PSP) melaksanakan Reboisasi dan Reklamasi lahan bekas tambang di kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI Tahun 2022, Jumat ( 14/10/2022).

HUT ke 77 TNI, Kodam VI/Mlw Laksanakan Reboisasi dan Reklamasi THR Bukit Soeharto

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kodam VI/Mulawarman bekerja sama dengan PT Perkasa Sejahtera Pratama (PSP) melaksanakan Reboisasi dan Reklamasi lahan bekas tambang di kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI Tahun 2022, Jumat ( 14/10/2022).

Seremonial kegiatan Reboisasi dan Reklamasi dilaksanakan di Posko Dalkarhutla Km 45, Kel. Bukit Merdeka, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, yang ditandai dengan penanaman pohon Lai oleh Pangdam VI/Mlw dan tamu undangan. Adapun untuk kegiatan Reboisasi dan Reklamasi dilaksanakan di Km. 48, Kel. Margomulyo, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, dimana akan dilaksanakan reboisasi dan reklamasi di lahan seluas 10 Ha. Untuk tahap Pertama akan ditanam 500 pohon dilahan seluas 5 Ha. Untuk kedepannya Kodam VI/Mlw akan melaksanakan reboisasi di lahan Taman Hutan Raya Bukit Suharto secara bertahap.

Kawasan Taman Hutan Raya Bukit Suharto seluas 100.000 Ha, dimana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menetapkan bahwa lokasi ini masuk dalam wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Dengan tema “TNI adalah kita”, kegiatan ini adalah wujud dari perhatian TNI khususnya Kodam VI/Mlw atas pentingnya konservasi alam yang terdampak akibat Pertambangan. Sebagai langkah awal, Reboisasi dilakukan dengan menanam berbagai tanaman endemik yang ditujukan untuk mengembalikan ekosistem, mencegah terjadinya penggundulan hutan, mencegah terjadinya banjir, tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, menjelaskan bahwa kegiatan tidak hanya semata harus mengembalikan kondisi bekas pertambangan semaksimal mungkin seperti sebelumnya. Namun harus dapat tetap memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar khususnya dan Negara pada umumnya.

“Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga kelestarian hutan dengan merawat hutan, tidak menebang pohon sembarangan, melakukan tebang pilih, mendukung konservasi sumber daya alam, serta melakukan penghijauan dan reklamasi hutan seperti yang kita lakukan hari ini” ujar Pangdam di sela-sela sambutan.

Di sambutan yang lain, mewakili Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran TNI atas kerjasama dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam penghijauan hutan dalam upaya penurunan efek rumah kaca sebesar 17,3 persen menuju ‘Kaltim lingkungan Hijau’.

Rangkaian kegiatan Reboisasi dan Reklamasi dibuka dengan Tarian Tradisional Urip Sayuq, Sambutan-sambutan, pemberian Plakat penghargaan dan Sertifikat, Penanaman Pohon oleh Pangdam dan tamu undangan serta Video Teleconference Penanaman Pohon yang dilaksanakan di KM. 48, Kel. Margomulyo, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kertanegara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, Kapolda Kalimantan Timur yang diwakili Karo SDM Polda Kaltim, Irdam VI/Mlw, Kapok Sahli Pangdam VI/Mlw, Danrem 091/Asn, Pimpinan PT. PSP (Perkasa Sejahtera Pratama), Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *