Pertamina
PT Kilang Pertamina Internasional menggelar bulan Energy & Loss 2022. Rangkaian kegiatan dibuka dengan pelaksanaan webinar yang dibuka oleh pimpinan tertinggi unit. (Jumat, 04/11).

Ingatkan Bijak Dalam Menggunakan Energi, RU Unit Balikpapan Peringati Bulan Energi & Loss 2022

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Energi merupakan hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Manusia menggunakan energi bahkan ketika dia sedang beristirahat di malam hari. Namun, penggunaan energi harus dilakukan secara bijaksana. Sebagai bagian upaya untuk menginternalisasi budaya hemat energi dan meminimalisir energi yang terbuang dalam operasional sehari-hari, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional menggelar bulan Energy & Loss 2022. Rangkaian kegiatan dibuka dengan pelaksanaan webinar yang dibuka oleh pimpinan tertinggi unit. (Jumat, 04/11).

“Kilang Balikpapan telah menyelesaikan program turn arround (TA). Salah satu tujuan dari TA tersebut adalah melakukan upaya perbaikan dan pengantian peralatan sehingga kilang lebih aman dan handal, sehingga pemakaian energinya pun semakin efisien,” kata GM PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho.

Bayu menjelaskan bahwa dalam mengoperasikan proses bisnis dan operasi kilang, ada faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan karena di sebabkan oleh faktor-faktor eksternal. Namun ada juga faktor yang dapat dikendalikan secara internal.

“Aktivitas energi merupakan hal yang dapat kita kontrol. Bagaimana kita mengendalikan pemakaian energi dan pengenadalian loss dalma proses operasi. Hal tersebut harus dioptimalkan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan,” kaya Bayu.

Alasan kilang yang sudah berusia lama, menurut Bayu bukan menjadi alasan. Namun menjadikan hal tersebut sebagai tantangan dan peluang. “Walau kilang kita usianya relatif lama, kita tidak boleh menjadikan itu sebagai halangan. Kita harus memastikan kilang kita dapat dioperasikan dengan handal dan efisien,” kata Bayu.

Bayu juga mengingatkan kepada semua pekerja akan pentingnya untuk memastikan operasional kilang berjalan dengan aman dan lancar. “Kita jaga kilang kita dengan baik dan benar sehingga produksi kita akan semakin baik,” ajaknya.

Menanggapi pelaksaan bulan energi dan loss tahun ini, Bayu mengajak semua pekerja, mitra kerja dan keluarga untuk semakin peduli dalam pemanfaatan energi. “Semoga kita semakin peduli dalam pemakaian energi, tidak hanya di kilang, tetapi juga pemakaian energi di rumah. Kita harus bijak dalam pemakaian energi. Semoga melalui kegiatan ini semakin banyak yang peduli terhadap pentingnya menggunakan energi secara bijak,” ajaknya.

Webinar yang dilaksanakan oleh PT KPI Unit Balikpapan kali ini menghadirkan Analisa Widyaningrum sebagai narasumber. Analisa menyampaikan materi dengan judul Building Collaboration and Motivation in Leading The Energy Transformation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *