Pemkot
Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Heria Prisni

Jelang Nataru, DP3 Kota Balikpapan Bakal Gelar Pangan Murah

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 sebagai upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan berencana akan menggelar pangan murah .

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Heria Prisni mengatakan, pangan murah untuk menjaga kebutuhan pangan agar bisa terjangkau warga Kota Balikpapan. Dimana para petani dan distributor nantinya mereka akan menjualkan bahan pangannya dalam pagelaran pangan murah tersebut.

“Tujuannya pangan murah ini, untuk memutus mata rantai serta membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan dengan harga yang terjangkau,” ujarnya, Jumat (9/12/2022).

“Sedangkan untuk minyak goreng itu langsung distributor yang menjualkannya, disusul dengan telur, daging ayam dan lain sebagainya,” tambahnya.

Heria menjelaskan, meski kegiatan pasar murah ini menjadi agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Pemkot Balikpapan. Untuk tahun ini untuk pasar murah itu dilaksanakan di setiap daerah di Indonesia.

“Kalau dulu kan masing-masing meski pasar murah ini merupakan agenda rutin yang kami laksanakan menjelang natal dan lebaran di Balikpapan. Tapi di tahun ini programkan pasar murah ini secara langsung diintruksikan secara langsung oleh Badan Pangan Nasional untuk menggelar pangan murah di seluruh daerah di Indonesia pada Desember ini,” tambahnya.

Dikatakannya, untuk pangan murah ini nantinya akan di fokuskan di Kantor DP3 Balikpapan yang beralamat di Jalan Marsma R. Iswahyudi, Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan.

“Untuk pagelaran pangan murah ini di buka selama tiga hari mulai dari tanggal 21,22 dan 23 Desember,” pungkasnya
.
Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Terkait, dapat mengantisipasi adanya kenaikan harga pokok atau sembako. Salah satunya, melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga barang.

Tak hanya itu, imbauan kepada masyarakat untuk tidak memborong atau panic buying dengan adanya kenaikan ini juga digencarkan.

Hal inilah yang diungkapkan Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono terkait kenaikan harga bahan pokok di akhir tahun 2022 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *