Balikpapan, GerbangKaltim.com – Abituren AKABRI 94 dalam rangka memperingati Dharmabakti ke 30 Tahun, menggelar kegiatan bakti sosial dengan mengusung tema “30 Tahun Pengabdian Palagan 94, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami, Cooling System Menjelang Pilkada Serentak.”

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan secara maraton serentak di seluruh tingkat satuan TNI AD, AU dan AL termasuk kepolisian.

“Kami semua dari Abituren Akabri 94 baik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri dalam usianya yang ke-30 tahun ini telah melaksanakan kegiatan yaitu bakti sosial,” ujarnya, Sabtu (15/6/2024).

Tri Budi Utomo menambahkan, kegiatan baksos ini dilaksanakan dalam menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang akan dilaksanakan Nopember 2024 mendatang.

“Jadi kami mengambil temanya Cooling System Menjelang Pilkada Serentak,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk Kodam VI Mulawarman ini, kegiatan baksos ini dilaksanakan di Kaltim, Kalsel dan Kaltara.

Dikatakannya, adapun pelaksanaan baksosnya meliputi operasi katarak, operasi bibir sumbing, khitanan massal, donor darah, pengobatan massal, pemberian kacamata gratis hingga pembagian sembako gratis, termasuk pembuatan sumur bor disebanyak 10 titik yang disebar di beberapa satuan Kodim wilayah Kodam VI yang meliputi Kodim 0901/Samarinda 2 titik, Kodim 0902/Berau 1 titik, Kodim 0904/Paser 1 titik, Kodim 0906/Kutai Kartanegara 2 titik, Kodim 0909/Kutai Timur 1 titik, Kodim 0912/Kutai Barat 1 titik dan Kodim 0913/Penajam Paser Utara 2 titik.

“Pembuatan sumur bor kita sudah lakukan dan ini berjalan terus, kemarin lima sudah selesai dan ini lima lagi yang akan kita lakukan,” katanya.

Pangdam menambahkan, untuk program operasi katarak dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan namun tidak memiliki biaya untuk operasi. Kemudian juga ada operasi bibir sumbing untuk membantu mereka yang membutuhkan tetapi terkendala biaya.

“Kemudian juga donor darah, kita bisa saksikan tadi bersama-sama ada 2025 kantong darah yang nanti akan disumbangkan kepada kegiatan yang membutuhkan. Selanjutnya juga khitanan massal ada 388 orang yang akan mengikuti, kemudian pengobatan massal ada 2426 orang,” pungkasnya.

Berikutnya kemarin sudah dilaksanakan operasi katarak 124 dan pembagian gratis jumlahnya juga 124 orang, kemudian kemarin juga kita sudah kita melaksanakan operasi bibir sumbing di RS Hardjanto jumlahnya 20 orang dan sampai dengan sekarang bersama-sama kita melihat masih melaksanakan kegiatan pembagian sembako 2855.

“Ini kegiatan yang kita lakukan secara maraton dan hari ini merupakan kegiatan puncak kegiatan bhakti sosial kita,” jelasnya.

Kegiatan donor darah dilaksanakan untuk membantu pemenuhan stok darah di rumah sakit dan klinik. Khitanan massal diselenggarakan untuk membantu keluarga yang membutuhkan layanan ini.

Terakhir layanan pengobatan massal diberikan kepada masyarakat kurang mampu serta pembagian paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk meningkatkan gizi anak-anak.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Daerah, instansi terkait, media massa baik lokal maupun nasional, serta seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini.

Dengan semangat pengabdian dan gotong royong, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mempererat hubungan antara TNI dan rakyat.

 

Share.
Leave A Reply