Kadis DP2KBP3A Paser Tutup Bimtek SAPA Desa Janju dan Desa Songka

 

Kadis DP2KBP3A Paser Tutup Bimtek SAPA Desa Janju dan Desa Songka

PASER, Gerbangkaltim.com – Sesi Pertama dihari kedua Jum’at tangal 29 Juli 2022, bimtek Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) yang menghadirkan narasumber Fasilitator Daerah (Fasda) Suwanto, S.Sn, M.Pd yang menyampaikan materi Tata Keloa SAPA diikuti 30 peserta dari Desa Janju dan Desa Songka sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Paser. Pada sesi kedua dilanjutkan dengan materi Kegiatan SAPA dan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Kepala Dinas P2KBP3A Kabipaten Paser, diwakili Kabid Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Dr. Kasrani, M. Pd,, yang menutup Bimtek SAPA menyatakan “Pentingnya peran dan fungsi SAPA ini sangat vital dalam pembentukan citra positif DRPPA, Karena kesuksesan DRPPA ini tergantung bagaimana SAPA memahami tugas dan fungsinya, dan selama 2 hari ada 8 Materi yang sudah disampaikan Fasilitator Nasional (Fasnas) maupun Fasilitator Daerah (Fasda), tentu setelah bintek ini akan bisa segera menindaklanjuti di desa masing-masing”
Selanjutnya Kasrani memaparkan, “besar harapan kami. Kita semua tanpa terkecuali memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dalam membangun pemahaman yang baik. Dan ini kita nyatakan dan implementasikan dalam pelaksanaan pemberdayaan dan perlindungan kepada perempuan dan anak, dan yang utamanya mampu memberikan kesejahteraan kepada perempuan dan anak dan mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Anak di Kabupaten Paser”
“Pemahaman yang baik ini pada akhirnya akan mendorong masyarakat dalam mendukung penuh suksesnya DRPPA di desa Janju dan Desa Songka, kami juga berharap SAPA Desa Janju dan Desa Songka bisa menularkan ilmunya ke Desa lainnya, sehingga 139 Desa di Kabupaten Paser menjadi Desa DRPPA menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera), Dinas P2KBP3A juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PPA, Dinas KP3A Provinsi Kaltim dan Fasnas dan Fasda yang telah berkenan mengagendakan jadwal untuk berkunjung dan  memberikan peningkatan pengetahuan SDM kepada Kepala Desa dan SAPA Desa Songka dan Desa Janju”
“Ucapan yang sama kami sampaikan kepada Bapak Ibu dan Adik-adik Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) yang telah mengikuti dengan sungguh-sungguh kegiatan ini, seperti yang telah menjadi arahan Bapak Bupati Paser pada sambutan pembukan Bimtek SAPA, yang paling terpenting dari kegiatan ini adalah hasil akhir dan tindak lanjut kegiatan ini. Yang berupa adanya perbaikan, perubahan, pembaharuan dan penyempurnaan menuju DRPPA yaitu desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai kita semua dan memampukan kita semua dalam implementasi DRPPA ini. Bersama kita wujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)” Ujar Kasrani mengakhiri penjelasannya. (*/rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *