Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah akan melaksanakan perayaan HUT ke 79 Kemerdekaan RI di IKN Nusantara dan untuk memastikan kesiapan jajaran kewilayahan Polda Kaltim dalam mempersiapkan arus lalu lintas para perayaan kemerdekaan nantinya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Aan Suhanan melakukan peninjauan langsung ke IKN Nusantara.

“Jadi Hari Kemerdekaan RI ke 79 akan dilaksanakan di IKN Kaltim, kami dari Korlantas melihat ke IKN, termasuk jalur yang akan digunakan untuk menuju ke IKN mulai dari Balikpapan sampai ke IKN, tempat acara Istana Negara, termasuk lokasi parkir dan sebagainya, “ ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Aan Suhanan yang didampingi Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan Achmad dan Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Rifki, Jumat (3/5/2024).

Aan menambahkan, pihaknya juga telah mendapatkan paparan dari Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Rifki tentang persiapan pengamanan dan pengawalan, rute dan perparkiran yang disampaikan secara komperhensif.

“Ada beberapa catatan yang kami berikan, aga persiapannya lebih siap lagi, sehingga dalam pelaksanaannya bisa lebih baik,” ucapnya.

Kakorlantas menambahkan, dalam pengamanan perayaan HUT ke 79 RI di IKN nantinya, akan dilakukan dua model pengamanan VVIP yang akan dilakukan TNI dan VIP akan dilakukan Kepolisian.

“Saat ini semua sudah dipersiapkan, mulai dari personel, kendaraan yang akan digunakan, kemudian teknologi yang akan mendukung operasional manajemen pelaksanaan operasi nanti, “ ujarnya.

“Dimana nantinya akan di BKO kan paspampres untuk pengamanan VVIP dan untuk VIP akan dikelola oleh Kepolisian,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Aan Suhanan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan Listrik roda empat dan roda dua kepada Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Rifki.

“Kendaraan Listrik ini kita serahkan ke Ditlantas Polda Kaltim untuk mendukung pengamanan di IKN nantinya, karena di IKN mengusung konsep Green Energy, maka kendaraan Listrik inilah yang akan digunakan,” jelasnya.

Rencananya untuk kendaraan listrik roda 4 ada sebanyak 50 unit, sedangkan untuk kendaraan Listrik roda dua ada sebanyak 100 unit.

Share.
Leave A Reply