djp kaltimtara

Kanwil DJP Kaltimtara Ajak UMKM ‘Naik Kelas’ dalam #UMKMCamp Vol.5

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJP Kaltimtara) kembali mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk semakin ‘naik kelas’ dengan menyelenggarakan seminar #UMKMCamp Vol. 5.

Sebanyak 120 peserta #UMKMCamp Vol. 5. hadir secara langsung di Aula ETAM Lantai IV Kanwil DJP Kaltimtara, Jalan Ruhui Rahayu No 1 Ringroad Kota Balikpapan, Selasa (22/11/2022).

Para peserta yang terdiri dari pelaku UMKM Kota Balikpapan memeriahkan sosialisasi langsung yang bertajuk Strategi Kelola Keuangan dan Pemasaran Baru Via Lelang ini.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Sihaboedin Effendy mewakili Kepala Kanwil DJP Kaltimtara membuka secara langsung #UMKMCamp Vol. 5. Dalam sambutannya, Sihaboedin menyampaikan apresiasinya atas kehadiran para pelaku UMKM Kota Balikpapan.

Tampak peserta antusias menyimak paparan materi dari dua narasumber dalam dua sesi. Sesi materi pertama membahas Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI APIK) yang dibawakan Wahyu Junaedi, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani Balikpapan dan praktisi UMKM. Wahyu mengajak peserta untuk memahami cara mengelola keuangan yang baik dan bagaimana cara meninjau pemasukan dan pengeluaran usaha secara lebih efisien.

djp kaltimtaraSesi berikutnya, Doan Octanary, Fungsional Pelelang Ahli Muda Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan hadir membawakan materi mengenal pemasaran produk melalui lelang. Doan memperagakan cara memasarkan produk melalui laman web lelang.go.id.

djp kaltimtaraMenurutnya, ini adalah salah satu alternatif yang menarik bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Even #UMKMCamp merupakan salah satu program Business Development Services (BDS) Direktorat Jenderal Pajak dalam melakukan pembinaan kepada UMKM. Tak hanya berbentuk sosialisasi langsung, program BDS juga mewadahi UMKM untuk memasarkan produk-produknya dalam kegiatan bazar dan pendampingan UMKM.

Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan mendapat skill baru yang bisa memajukan dan mengembangkan usahanya, sehingga UMKM Indonesia semakin kuat kedepannya.

#UMKMCamp menjadi wujud komitmen Kanwil DJP Kaltimtara untuk selalu ada bagi UMKM dan mendukung perekonomian Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *