Karantina
Karantina Pertanian Balikpapan melakukan launcing aplikasi inovasi satu data karantina. Aplikasi ini bernama Si Etam (Sistem Informasi Elektronik Terintegrasi Aktual Mandiri). Acara launcing Si Etam dan ruang media center dihadiri langsung oleh Jan S. Maringka selaku Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Sabtu (12/11/2022) lalu.

Karantina Pertanian Balikpapan Luncurkan Si Etam, Inovasi Satu Data Karantina

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Basis data yang terorganisir umumnya disimpan dan diakses secara elektronik dari suatu sistem komputer. Basis data juga dapat memberikan informasi yang disimpan dengan cepat dan efisien saat diperlukan. Hal ini seperti inovasi yang dilakukan oleh Karantina Pertanian Balikpapan.

Pada (12/10) Karantina Pertanian Balikpapan melakukan launcing aplikasi inovasi satu data karantina. Aplikasi ini bernama Si Etam (Sistem Informasi Elektronik Terintegrasi Aktual Mandiri). Acara launcing Si Etam dan ruang media center dihadiri langsung oleh Jan S. Maringka selaku Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, setelah melakukan giat apel jaga pangan di titik nol IKN.

“Si Etam merupakan Inovasi aplikasi satu data karantina yang memuat data ekspor, impor domestik masuk, dan keluar, komoditas pertanian yang dilalulintaskan melalui Karantina Pertanian Balikpapan, ” Jelas Akhmad Alfaraby selalu kepala balai. “Selain itu juga terdapat data lainya seperti realisasi anggaran, capaian ekspor, data kepegawaian, serta data teknis dan administrasi lainnya secara realtime, ” tambah Akhmad Alfaraby.

Inovasi aplikasi satu data ini akan terus dikembangkan untuk lebih banyak memuat data dalam satu sistem. Si Etam juga sangat bermanfaat bagi para calon eksportir yang ingin melihat komoditas yang memiliki potensi ekspor khususnya komoditas pertanian asal Kalimantan Timur. ”Inovasi ini juga sebagai langkah kami menuju Karantina Pertanian yang semakin Profesional, Tangguh, Terpercaya, ” pungkas Akhmad Alfaraby.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *