KASAL
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung lokasi kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, Kamis (30/6/2022).

KASAL Tinjau Rencana Lokasi Kodamar di IKN Nusantara

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung lokasi kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim.

Tinjauan ini juga dalam rangka mempersiapkan Markas Komando TNI AL di yang nantinya berada di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan luas kawasan sekitar 40 hektar.

Lahan tersebut nantinya untuk pembangunan Komando Daerah Maritim (Kodamar) atau yang sebelumnya bernama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal).

“Kami melihat lahan yang diberikan untuk TNI maupun TNI AL nanti kami susun perencanaan untuk Mako maupun personil di sana termasuk rencana pertahanannya luasan dari TNI ada 150 hektar kami dapat 40 hektare,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat ditemui di VVIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan usai melakukan peninjauan lahan milik TNI AL di kawasan IKN pada Kamis (30/6/2022)

Yudo mengatakan, lahan seluas 40 hektar ini merupakan bagian dari lahan yang khusus disiapkan untuk markas TNI dengan luas total keseluruhannya 150 hektar. Saat ini pembangunan  markas TNI ini masih dalam proses penyusunan dan peninjauan lahan.

“Progresnya belum baru masih lihat lahan saja, nanti kita tunggu berikutnya tahun 2024 rencana ada distribusi untuk personil Angkatan Laut,” ungkapnya.

Kedatangan KASAL beserta rombongan didampingi Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafis serta Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto dan jajarannya.

Yudo menambahkan, untuk kekuatan personel TNI nantinya sudah pasti akan ditambah guna memperkuat pertahanan di wilayah IKN.

Pembangunan Kodamar sendiri, kata Yudo, masih menjadi pembahasan dan dalam progres perencanaan dan pemetaan kekuatan. Kodamar sendiri nantinya difokuskan pada kekuatan pertahanan pantai.

“Kita nanti akan membesarkan Lanal Balikpapan menjadi Kodamar, masih dalam proses sekarang. Jadi Komando Daerah Maritim tugas pertahanan pantai karena sudah ada Koarmada II yang untuk pertahanan lautnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: