Balikpapan, Gerbang Kaltim.com – Kecelakaan maut terjadi di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di persimpangan jalan turunan ke arah ke Kebun Sayur dan Karang Jati, Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 06.15 Wita.

Akibat kecelakaan di pagi hari tersebut, 5 orang dilaporkan meninggal dunia, 4 orang luka berat, 6 mobil dan 14 sepeda motor hancur berantakan di tengah jalan raya.

Informasi yang dihimpun https://www.gerbangkaltim.com/, di tempat kejadian perkara (TKP) menyebutkan, kecelakaan tersebut berawal dari sebuah mobil Truck Tronton dengan Nomor Polisi KT 8534 AJ, datang dari arah kilo, tepatnya dari kawasan Jalan Pulau Balang Kilometer 13 Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara.

 

Mobil “raksasa” dengan muatan Kontainer 20 Fit itu berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 Ton yang hendak diantar ke Kampung Baru Balikpapan Barat.

Sesampai di depan Rajawali Foto Kilometer 0,5,  Sopir Truck Tronton bernama Muhammad Ali, sudah mulai mengurangi Porsneling dari 4-3 dan sesampainya di depan Bank Mandiri remnya sudah tidak berfungsi dan Truck Tronton meluncur dengan kesepatan tinggi dan menabrak yang ada di depannya.

Pada saat kejadian  lampu pengatur jalan (Trafic light) Muara Rapak masih berwarna merah, sehingga banyak mobil dan motor yang berhenti menunggu giliran sampai lampu kuning dan berpidah ke hijau.

Namun berlum sempat berganti warna ke hijau, Tronton berwarna merah itu datang, maka, tabrakan tidak bisa dihindari. Semua kendaraan yg ada didepan Truck Tronton dan yang lagi antre di lampu merah semuanya tertabrak berhamburan di kiri dan kanan jalan.

Bahkan, tiang lampu pengatur jalan (Trafic Light) ikut tumbah/roboh dan pagar pembatas jalan juga hancur barantakan.

Keenam mobil yang hancur antara lain 2 unit angkutan kota (angkot) warna Merah dan Biru, 2 unit mobil pribadi, 2 unit mobil pikap dan 14 unit sepeda motor.

 

Para Korban, baik yang meninggal maupun yang mengalami luka-luka di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo ((RSUDKD) dan RSU Beriman.

Nama-nama korban kecelakaan tersebut antara lain, Suyono, Sri Suci Pakarti Sumber Rejo 3. Nelson, alamat LKMD RT.5 Gang Argo Mulyo. Desca Nanda Putra, Gunung Empat. Elly Marlia, Km 4 Terminal Batu Ampat RT 66 Batu Ampar.

Selain itu, Evi MP, Sepinggan Baru. M Yamin, Samarinda (keadaan kritis). Wiwik Sulastini, Rahman, M Baihaki, Heri Kahar dan Suhardi.

Kemudian Sairullah, warga Cilacap. Fatmawati, warga Jalan Sulawesi Karang Rejo Balikpapan. kedua nama terakhir ini dikabarkan meninggal dunia.

Kecelakaan maut ini langsung ditangani Satlantas Polda Kaltim. Sopir Truck Tronton KT 8534 AJ bernana Muhammad Ali, kelahiran Balikpapan 17 Maret 1973, (48), Alamat Jalan Tanjungpura Nomor 28 RT 022 Kelurahan Telaga Sari Kecamatan Balikpapan Kota, diamankan Polisi. (*/MS)

Share.
Leave A Reply