Pemkot
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Ketua Dekranasda Kota Balikpapan Hj Nurlena, Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, Rosdiana saat membuka Gebyar UMKM, Jumat (11/11/2022) malam.

Kenalkan Produk Lokal, DKUMKMP Gelar Gebyar UMKM

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menggelar Gebyar UMKM sebagai upaya memperkenalkan hasil kerajinan pelaku UMKM Balikpapan. Kegiatan yang berlangsung 11-15 November ini berlangsung di Atrium Mall Pentacity Balikpapan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Ketua Dekranasda Kota Balikpapan Hj Nurlena, Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, Rosdiana.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Pemkot terus berupaya agar pelaku UMKM di Balikpaan tetap produktif. Secara rutin Pemkot melalui DKUMKMP dan Dekranasda Kota Balikpapan terus melakukan sosialisasi terkait produk kerajinan UMKM baik melalui media cetak maupun media elektronik.

“Tidak hanya itu, Pemkot Balikpapan juga memberikan ruang kepada para pelaku UMKM untuk melakukan pameran hasil kerajinannya secara rutin diberbagai event dan kegiatan,” ujarnya. Jumat (11/11/2022).

Rahmad menambahkan, pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2,5 tahun telah mengajarkan banyak hal khususnya bagi pelaku UMKM.

“Saya menyampaikan apresiasi atas segala langkah positif yang telah dilakukan seluruh pihak swasta, himpunan pengusaha, instansi vertikal, pimpinan bank, serta stakeholder lainnya dalam upaya membangkitkan UMKM di tengah masa pemulihan ekonomi ini,” paparnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat UMKM agar lebih giat dan bergairah lagi, serta dapat menciptakan pasar yang lebih besar guna mendorong perekonomian daerah dan nasional.

“Saya berharap agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, saya juga berharap agar para pelaku UMKM dapat terus menjaga kualitas produknya masing-masing tanpa meninggalkan curi khas yang dimiliki, yang tentu saja menjadi pembeda satu daerah dengan daerah lainnya,”ungkapnya.
Dengan Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN Nusantara, terus meningkatkan kualitas produk sehingga produk UMKM Kota Balikpapan menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

“Kesempatan ini merupakan peluang besar bagi kita untuk memperkenalkan produk terbaik daerah hingga ke level nasional hingga mancanegara,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala DKUMKMP Kota Balikpapan, Rosdiana mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan mengembangkan ekonomi kreatif.

“Serta memperkenalkan dan mempromosikan produk UMKM di Kota Balikpapan,” ujar Rosdiana.

Adapun jumlah peserta sebanyak 250 UMKM dengan jumlah 20 tenan yang terdiri dari UMKM binaan Dekranasda Kota Balikpapan, UMKM kelompok Disabilitas, kelompok UMKM-UMKM lainnya.

“Dengan produk yang dipamerkan terdiri dari produk komoditi usaha kuliner dan kerajinan dari para pelaku UMKM di Balikpapan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *