Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ibu Aida S. Budiman, secara resmi mengukuhkan Robi Ariadi sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, menggantikan Bambang Setyo Pambudi yang telah memasuki masa purnabakti.

Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan ini dilaksanakan di ruang Beruang Madu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Selasa (14/5/2024).

Prosesi pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan dan serah terima jabatan pemimpin Satuan Kerja Bank Indonesia serta merupakan bagian dari proses suksesi kepemimpinan .

Hadir dalam pengukuhan ini Walikota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud,SE, ME, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Balikpapan, Pimpinan Satuan Kerja Bank Indonesia, Pimpinan Perbankan, serta Pimpinan Lembaga/Instansi yang menjadi mitra kerja strategis di wilayah kerja Bank Indonesia.

Walikota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud,SE, ME dalam sambutannya pada kegiatan ini menekankan komitmen Pemkot Balikpapan dalam membangun sinergi bersama seluruh pemangku kebijakan, termasuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan.

“Pemerintah Kota Balikpapan berharap sinergi yang sudah baik ini dapat dilanjutkan, agar perekonomian Kota Balikpapan terus bertumbuh dengan baik, khususnya dengan adanya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN),” ujarnya.

Lebih lanjut, Bank Indonesia Balikpapan selama ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Balikpapan telah banyak membantu dalam banyak hal, termasuk pengendalian inflasi, pengembangan UMKM, mendukung ekonomi kemandirian pesantren dan edukasi terkait perbankan kepada masyarakat.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ibu Aida S. Budiman, menyampaikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian di wilayah kerja.

Lebih lanjut, Deputi Gubernur Bank Indonesia menyampaikan, di tengah ketidakpastian global yang terjadi, perekonomian Balikpapan masih dapat tumbuh solid, di angka 6,49% (yoy) di 2023. Di Tw.I 2024, tren pertumbuhan positif juga diperkirakan berlanjut, tercermin dari PDRB Kalimantan Timur yang mencapai 7,26% yoy pada Tw.I 2024.

“Inflasi di Balikpapan juga masih terjaga, di April tercatat 3,06% (yoy), menunjukkan kuatnya koordinasi, sinergi, dan kolaborasi semua pihak,” katanya.

Akselerasi Pembangunan IKN tentunya dapat menjadi harapan baru bagi Balikpapan yang sudah mulai terlihat dari kontribusinya pada ekonomi Balikpapan dan Kalimantan Timur di tahun 2023 dan 2024.

“Kesempatan yang baik ini perlu di optimalkan untuk terus mendorong perekonomian Balikpapan, Kaltim dan Nasional,” jelasnya.

Dengan dikukuhkannya Robi Ariadi sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan yang baru, diharapkan sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin selama ini dapat semakin solid, sebagai bentuk kontribusi nyata untuk mewujudkan ekonomi daerah yang lebih kuat.

Share.
Leave A Reply