Balikpapan, Gerbangkaltim.com –  Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan dan HBKN ldul Fitri 2024, Bank Indonesia memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar melalui Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldul Fitri (SERAMBI) 2024 dengan tagline “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

Kick Off  SERAMBI 2024 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dilaksanakan,  Senin, (18/3/2024)

Seremonial dilaksanakan di Lobby KPw Bank Indonesia Balikpapan yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dan Pimpinan/Perwakilan 34 Bank Umum se-Kota Balikpapan.

Di lingkup wilayah kerjanya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyiapkan uang kartal sebesar Rp1,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar masyarakat di Kota Balikpapan, Kab. Penajam Paser Utara dan Kab. Paser selama periode Ramadhan sampai dengan ldul Fitri 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Robi Ariadi, menyampaikan, jumlah kebutuhan uang kartal tersebut naik 13% dibanding tahun 2023 yaitu Rp1,65 triliun. Peningkatan ini sejalan dengan optimisme perbankan terhadap pertumbuhan uang kartal di bulan Ramadan 2024 seiring semakin meningkatnya Konsumsi Rumah Tangga, peningkatan penduduk di Balikpapan sebagai dampak akselerasi pembangunan proyek IKN dan pemenuhan kebutuhan uang dari Balikpapan ke wilayah lain.

Dalam memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar, KPw BI Balikpapan melakukan tiga strategi utama. Pertama, mendistribusikan uang Rupiah sebelum  memasuki bulan Ramadan.

Kedua, melakukan kegiatan Kas Keliling dengan menjangkau masyarakat di wilayah kerja KPw BI Balikpapan, menggunakan  sarana  digital yaitu  pemesanan  layanan penukaran uang dengan sistem paket sebesar Rp4.000.000,- per orang melalui aplikasi  PINTAR  (https://pintar.bi.go.id),

Guna memperluas jangkauan layanan uang Rupiah kepada masyarakat, KPw BI Balikpapan juga bekerjasama dengan perbankan di wilayah kerja Balikpapan dengan membuka layanan, antara lain layanan penukaran uang di 135 titik outlet penukaran uang yang tersebar di jaringan kantor Perbankan di wilayah Balikpapan, PPU dan Paser, serta layanan kas keliling bersama dengan 7 (tujuh) perbankan yaitu Bank BJB, BSI, Bank Kaltimtara, Bank Kaltimtara Syariah, Bank Mandiri, BNI, dan BTN yang bertempat di beberapa titik keramaian di kota Balikpapan.

Ketiga, KPw Bank Indonesia Balikpapan mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang Rupiah pada tempat yang resmi guna menjamin keaslian dan kualitas uang Rupiah. KPw BI Balikpapan mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali  ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai  bentuk dari Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara dan menggunakannya dalam setiap transaksi sebagai bentuk dari Bangga Rupiah, serta mengenal fungsi dan peran Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk dari Paham Rupiah.

Dengan memaknai Cinta Bangga dan Paham Rupiah diharapkan masyarakat dapat menggunakan uang Rupiah dengan berbelanja secara BIJAK sehingga dapat menjaga inflasi yang disebabkan  dari kenaikan harga pokok. Bl juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS, memperluas  kepersertaan Bl-FAST termasuk  kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk  mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadhan dan ldul Fitri 1445 H.
Diharapkan dengan adanya SERAMBI 2024, pengelolaan uang Rupiah menjelang hari raya dapat semakin optimal melalui ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya  dengan layanan kas prima.

Share.
Leave A Reply