Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Bank Indonesia (B) menggelar QRIS Jelajah Indonesia, dimana program flagship yang bertujuan untuk mengkampanyekan perluasan digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, merupakan suatu metode transaksi yang praktis.

Program ini akan diselenggarakan di seluruh 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) Bank Indonesia. Di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Balikpapan kegiatan ini melibatkan puluhan anak muda konten kreator dan jurnalis se Kota Balikpapan.

Program ini dikemas dalam bentuk kompetisi untuk mengkampanyekan QRIS dan inisiatif digitalisasi sistem pembayaran lainnya. Adapun tagline program ini adalah “Jelajah Indonesia Makin Praktis Pakai QRIS”.

Pada kompetisi ini, peserta akan diajak untuk mengeksplor inisiatif digitalisasi Bank Indonesia sekaligus menjelajahi berbagai spot menarik di tiap daerah penyelenggaraan.

Deputi Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Mahdi Abdillah menyampaikan, selamat datang kepada para peserta yang akan berkompetisi dalam kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi peserta dalam kegiatan ini,” ujarnya, Sabtu (6/7/2024).

Mahdi Abdillah menambahkan, BI merupakan satu-satunya lembaga otoritas pembayaran di Indonesia, yang banyak menginisiasi inovasi keuangan digital. Salah satunya QRIS.

“Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan Ekosistem SP: Mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui perluasan penggunaan instrumen, kanal, dan infrastruktur pembayaran digital, termasuk QRIS, KKl, dan BI-FAST. Sinergi Implementasi Kebijakan: Meningkatkan sinergi implementasi kebijakan sistem pembayaran digital khususnya dengan industri, asosiasi, dan masyarakat. Dan Literasi dan Diseminasi Kebijakan: Edukasi dan kampanye untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai sistem pembayaran digital, termasuk QRIS, BI-FAST, KKl, dan inisiatif lainnya,” ucapnya.

Program ini juga akan mendukung upaya perluasan merchant, pengguna, dan transaksi, serta peningkatan pemahaman masyarakat mengenai QRIS dan sistem pembayaran digital. Seluruh upaya ini bertujuan untuk mendukung ekosistem ekonomi dan keuangan digital nasional yang berkelanjutan.

Menurutnya, kompetisi QRIS Jelajah Indonesia membuktikan digitalisasi sistem pembayaran berjalan dengan pengembangan inovasi secara berkelanjutan.

“Kegiatan ini cukup menantang. Karena di Kota Balikpapan, pengaplikasian QRIS sudah bagus. Dimana kampanye ini dilakukan peserta tidak hanya QRIS melulu. Akan disinergikan dengan inovasi-inovasi BI yang lain,” ulasnya.

Selain itu, KPw BI Balikpapan juga membuka kompetisi pembuatan artikel, yang dapat diikuti para jurnalis. Dimana hadiah totalnya mencapai belasan juta rupiah.

“Dengan semangat Sportivitas, kami mengajak seluruh peserta mengikuti setiap momen, karena pasti banyak pengalaman yang seru dalam konsep QRIS Jelajah Indonesia. Dengan ini, QRIS Jelajah Indonesia secara resmi saya buka,” tukasnya.

Share.
Leave A Reply