menteri
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di dampingi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menghadiri seminar bertajuk KaTa Kreatif Balikpapan, di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (24/7/2022).

Menparekraf/BPEK Ingin Ciptakan 4,4 Lapangan Kerja Baru

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri seminar bertajuk KaTa Kreatif Balikpapan, di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (24/7/2022). Di Program KaTa Kreatif 2022 terdapat 21 kabupaten dan kota kreatif yang terpilih dari total 64 kabupaten dan kota yang ikut serta.

“KaTa Kreatif merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/BPEK) untuk menggali, mengelola, dan menumbuhkembangkan kreativitas dan potensi lokal kabupaten atau kota di Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu (24/7/2022).

Program yang menjadi upaya pemerintah dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif di kabupaten atau kota itu sejalan dengan prinsip kebijakan tepat sasaran, tepat waktu, tepat manfaat, serta memahami kebutuhan masyarakat.

Dan Kota Balikpapan terpilih sebagai salah satu kota yang menjadi Uji Petik Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) ini, dimana Balikpapan memiliki perekonomian terbesar seantero Kalimantan.
Hal ini didukung oleh pesatnya perkembangan dunia digital di Balikpapan. Dengan pesatnya dunia digital, Balikpapan menempatkan subsektor aplikasi dan pengembangan gim sebagai salah satu unggulan kota.

“Ekosistem sub sektor game di Indonesia sendiri terus berkembang, dimana saat ini sedikitnya ada 50 juta gamers di Indonesia tahun ini,” paparnya.

Menurutnya, adanya kreator atau pembuatan game tentu saja akan mempengaruhi pada perekonomian negara Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno sempat “Mabar” atau main bersama pencipta aplikasi gamers asal Kota Balikpapan, yang game tersebut rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Sandiaga Uno berharap, akan semakin banyak game-game besutan anak bangsa yang tercipta, sehingga pada gilirannya akan mendongkrak talenta baru dan pada akhirnya turut berimbas pada perekonomian.

“Harapannya, kita ingin mencoba menciptakan 1,1 juta lapangan kerja dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024 di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Di tengah pemulihan ekonomi bangsa saat ini, kata Sandiaga Uno, kehadiran Kemenparekraf di tengah-tengah pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tentunya sangat membantu untuk mereka tetap optimis.

“Ini sesuai dengan arahan dari Komisi X DPR RI, dimana Kemenparekraf harus mampu hadir untuk memberi solusi yang tepat manfaat dan tepat waktu,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Walikota Balikpapan, juga hadir Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sebagai tuan rumah, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Anggota Komisi III DPR RI Rudy Mas’ud dan Ustad kondang, Das’ad Latif.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyatakan, Pemkot Balikpapan akan memberikan dukungan terhadap pengembangan pelaku di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi energi baru dan motivasi bagi Pemkot Balikpapan dalam upaya melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha muda di Balikpapan,” tegasnya.

Ditambahkan, Wali Kota, Pemkot Balikpapan juga tidak hanya sebatas memberikan pengetahuan dan bantuan pengembangan usaha saja terhadap para pelaku usaha muda ini, namun juga membantu untuk menjadi marketing bagi produk usaha para pelaku usaha muda ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *