Pacar Dishub, Program Baru Bantu Pengguna Jalan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Balikpapan memiliki punya program baru yang bernama Patroli Cerdas dan Responsif atau yang disingkat Pacar Dishub.

Kepala Dishub Kota Balikpapan, Elvin Junaidi mengatakan, Pacar Dishub ini merupakan program baru dari Dishub Kota Balikpapan yang mengerahkan petugas perempuan yang akan membantu masyarakat pengguna jalan khususnya anak-anak, lansia, dan kaum difabel.

“Kami terjunkan petugas perempuan karena mereka mengedepankan kelembutan, karena itulah kita tempatkan disana agar bisa berinteraksi dengan masyarakat,” ujar Elvin Junaidi, Sabtu (19/2/2022).

Adapun tugas yang dilakukan para Pacar Dishub ini, kata Elvin, diantaranya membantu para penyeberang jalan mulai dari siswa sekolah dan para lansia, selain itu juga bertugas menegur pengendara yang melanggar rambu lalu lintas terutama mereka yang parkir sembarangan, sehingga sangat membantu tugas dari Satlantas Polresta Balikpapan dalam menciptakan kelancaran lalulintas di Kota Balikpapan.

“Khusu pada hari Jumat, disaat laki-laki sedang melaksanakan salat jumat, mereka yang akan membantu masyarakat ketika ingin menyeberang jalan menuju ke masjid,” ungkapnya.

Untuk sementara, kata Elvin, Dishun Kota Balikpapan baru menyiapkan sebanyak delapan orang petugas saja, karena ini juga berkaitan dengan sepeda yang digunakan yang juga masih delapan unit. Sepeda delapan unit inipun bantuan dari Balikpapan Super Blok.

“Kita memang berencana akan melakukan penambah lagi untuk jumlah petugasnya, tapi kita lihat juga personelnya di lapangan,” paparnya

Dikatakannya, para petugas ini akan bersepeda mengelilingi jalan Jenderal Ahmad Yani dan Jenderal Sudirman dimulai pukul 07.00 wita hingga dilihat kondisi di lapangan masih ramai masyarakat beraktivitas atas sudah berkurang.

“Jadi untuk sementara mereka hanya bertugas di Kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Jenderal Ahmad Yani, karena kan masih terbatas jumlahnya, “ tutup Elvin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: