Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pangdam VI/Mulawarman, Mayor Jendral TNI Tri Budi Utomo bersama Perwira Siswa Dikreg LXVII Tahun 2024 Lemhanas Abituren Akabri 1994 meninjau pelaksanaan kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing di RS Tingkat II Dr.R.Hardjanto Balikpapan dalam rangka 30 tahun Darmabakti Abituren Akabri 1994, Rabu 12 Juni 2024.

Selain Pangdam, hadir juga Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Bayu Permana dan Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Ilham Yunus, S.sos.,M.Si. Kedatangan Pangdam VI/Mlw langsung disambut oleh Kakesdam VI/Mlw dan Kepala Rumah Sakit Tingkat II Dr.R.Hardjanto beserta para dokter rumah sakit dan personil Kesdam VI/Mulawarman.

Pada kunjungannya kali ini Pangdam VI/Mlw melihat langsung kondisi pasien bibir sumbing yang akan melaksanakan operasi gratis di RS Tingkat II Dr.R.Hardjanto. Dari jumlah pasien bibir sumbing yang terdaftar berjumlah 26 orang, telah dilakukan screening sebanyak 24 orang dan yang lolos memenuhi persyaratan sebanyak 21 orang.

Salah satu dokter RS Dr.R,Hardjanto, Letkol Ckm (K) drg.Verawaty Mohan, Sp BM., M.M.R.S. Kadep Penyakit Syaraf dan Jiwa sebagai pendamping pelaksanaan Operasi Bibir Sumbing menjelaskan,“Tahap pelaksanaan Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Mulut ini sebelumnya telah dilaksanakan screening bagi calon pasien dan yang dinyatakan siap untuk dioperasi berjumlah 21 orang.”

“Kegiatan bakti sosial Operasi Bibir Sumbing ini terlaksana atas kerja sama antara RS Dr.R.Hardjanto dengan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir da Langit Bandung (YPPCBL),” jelas Vera.

“Selain dokter daari RS Dr.R. Hardjanto, Yayasan juga membawa dokter bedah mulut dan Maksilfasial yang handal dari Bandung dan Jakarta, sehingga banyak penderita bibir sumbing yang berminat dan turut serta mendaftar untuk operasi,”jelas Dokter Abituren Sepa PK 2004.

“Para pasien dan pendamping begitu senang mendapat kesempatan ini, apalagi tadi dijenguk oleh Bapak Pangdam dan Kasdam serta rombongan Perwira Abituren Akabri 1994,”imbuhnya.

Kapendam VI/Mulawarman, Kolonel Kav Kristiyanto, S.Sos saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan membenarkan adanya kegiatan bakti sosial tersebut.

“Memang benar bakti sosial Operasi Bibir Sumbing ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka 30 tahun darmabakti Abituren Akabri 1994. Selain Operasi Bibir Sumbing, juga dilaksanakan bakti sosial Operasi Katarak, pengobatan massal, khitanan massal, donor darah, pembagian sembako dan pembuatan sumur bur untuk masyarakat di satuan korem dan kodim jajaran Kodam VI/Mulawarman,”jelas Kapendam.

Lawatan Pangdam ditutup dengan pemberian sembako secara simbolis oleh Pangdam dan rombongan kepada pasien Operasi Bibir Sumbing.

Share.
Leave A Reply