Pekan Keselamatan Jalan, Dishub Balikpapan Gelar Jalan dan Bincang Santai

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menggelar kegiatan jalan dan bincang santai pada puncak peringatan Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2022 yang mengambil tema “Pemuda Hebat Wujudkan Keselamatan jalan.” Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Kota Balikpapan, Sabtu (29/10/2022).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Elvin Junaidi mengatakan, pekan nasional keselamatan jalan yang merupakan salah satu bentuk sosialisasi dengan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta dalam mengkampanyekan keselamatan.

“Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada pengemudi angkutan barang, tenaga pengajar PAUD atau TK, siswa SMA, Mahasiswa, komunitas terkait pentingnya keselamatan di jalan raya,” ujarnya.

Elvin menambahkan, dengan adanya edukasi yang dilakukan karena kecelakaan lalulintas menjadi pembunuh terbesar nomor dua rata rata orang meninggal karena kecelakaan lalulintas setiap jam sekitar 3-4 orang.

“Moda transportasi yang paling banyak sepeda motor 72 persen, korban lakalantas didominasi usia produktif,” tegasnya.

Pemkot Balikpapan, katanya, sangat memberikan perhatian untuk siswa sekolah agar paham akan kesadaran dan keselamatan dalam berkendara untuk menurunkan angka kecelakaan.
“Saya minta semua pihak dilibatkan terutama pentingnya peran orang tua dalam membangkitkan kesadaran mengenai keselamatan dalam berkendara sejak dini,” pintanya.

“Orang tua sebaiknya tidak memberikan motor kepada anak yang belum memasuki usia yang tepat, untuk mengendari kendaraan,” tambahnya.

Program kota Balikpapan dalam mendukung keselamatan jalan diantaranya dilaksanakan secara rutin sosialisasi terkait surat edaran walikota mengenai jam operasional angkutan barang, keselamatan berlalulintas penggunaan helm, dan pengenalan rambu-rambu lalulintas ke sekolah-sekolah yang ada di Balikpapan.

“Rutin pemilihan pelajar pelopor yang dilakukan setiap tahun,” ucapnya.

Selain itu, ada penegakkan dan razia angkutan barang dengan kerjasama stakeholder terkait, pengamanan lalulibyas secara rutin diberbagai simpang untuk mengurai kemacetan, penyedia bus sekolah secara gratis yang melayani Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur.

“Kami juga ada taman lalulintas sebagai media pengenalan dan pembelajaran bagi pelajar,” paparnya.

Elvin Junaidi mengatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan akan menambah jumlah pemasangan CCTV di Kota Balikpapan, terutama di kawasan yang arus lulintasnya padat dan rawan terjadi kecelakaan.

“Kami akan menambah lagi sebanyak 25 CCTV di tahun ini, salah satunya akan kita taruh di Simpang Kampung Timur,” ucapnya.

Keberadaan CCTV dan pengeras suara ini, katanya, ada di beberapa titik di jalan-jalan Balikpapan ini.
“Dan keberadaanya sangat membantu untuk memantau dan mengawasi kondisi jalan jika terjadi, kecelakaan, kejahatan di jalan, dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu, TMC ini berfungsi untuk dapat memudahkan dan meringankan pekerjaan petugas di lapangan untuk memantau kondisi lalu lintas jalan dan kepadatan yang terjadi.

“Melalui CCTV ini kita juga bisa memberikan edukasi masyarakat pengguna jalan dengan memberikan menegur langsung kepada mereka yang melanggar, melalui pengeras suara bagi pelanggar lalu lintas,” ungkapnya.

Kata Elvin, CCTV yang tersebar pun dapat menjadi upaya pengawasan dalam mengurai kepadatan lalu lintas.

“Kami pantau, kami pun dapat menyetel secara manual waktu dari traffic light (lampu lalu lintas) sehingga dapat mengurai kepadatan yang terjadi di lapangan,” paparnya.

Di 15 persimpangan yang ada di Balikpapan terdapat 52 CCTV yang terpasang dan hal tersebut sangat membantu petugas untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

“Adapun CCTV yang tersebar tidak hanya terdapat di persimpangan, daerah rawan banjir dan rawan kecelakaan pun menjadi perhatian Dishub Kota Balikpapan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *