Pemkot
Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota (Setkot) Balikpapan, Doortje Marpaung

Perekonomian Balikpapan Bergantung Pada Pengolahan dan Jasa

Balikpapan,Gerbangkaltim.com – Perekonomian Kota Balikpapan saat ini sangat bergantung pada industry pengolahan dan jasa. Pasalnya, Kota Balikpapan bukan daerah yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) seperti kabupaten dan kota lainnya di Kaltim.

Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota (Setkot) Balikpapan, Doortje Marpaung menegaskan, perekonomian di Kota Balikpapan masih sangat bergantung kepada industri pengolahan dan jasa. Karena Kota Balikpapan bukan daerah Sumber Daya Alam (SDA), tapi berdampak pada industri pengolahannya.

“Kita harus berfikir juga karena potensi Kaltim yang memiliki natural resource (SDA) itu akan habis diperkirakan tahun 40 an lah, jadi perlu menggali potensi lainnya,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Doortje menambahkan, Kota Balikpapan dengan kawasan yang terbatas, memerlukan pengembangan kawasan dengan maksimal. Untuk itu pengembangan perekonomian dilakukan dengan misalnya membangun costal road untuk memecah under pressure dari transportasi.

Selain itu, lanjut Doortje, pengembangan perekonomi ini juga diharapkan muncul dari para pelaku yang bisa berkarya melalui 17 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia yakni kuliner, fesyen, kria, arsitektur, desain produk, desain interior, musik, seni rupa, periklanan, penerbitan, film animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, aplikasi, pengembang permainan, TV dan Radio, dan seni .

“Itu kan perekonomian semua yang berkembang, meskipun kita potensial tapi bisa kita drive menjadi ke utama. Hanya yang perlu kita siapkan SDM dan sebagainya,” paparnya.

Satu lagi kunci perekonomian yang tak boleh dilupakan, katanya, yaitu digitalisasi, dimana digitalisasi di semua sektor itu harus diperluas.

“Bayangin kalau sampai 2 juta masyarakat yang datang dan kita tidak dapat peluang, itu sangat disayangkan. Seperti dicetuskan Alm Imdaad Hamid, focusional city itu juga harus kita tingkatkan dan maksimalkan. Kunci dari perekonomian itu SDM, mulai dari sekarang harus disiapkan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *