Pemkot
Kepala Disporapar Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma

Purna Paskibra Jadi Contoh Pengembangan Nasionalisme

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan Balikpapan melalui Dinas Pemuda Olaraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan menyambut baik adanya wadah bagi purna paskibraka.

Kepala Disporapar Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, purnapaskibraka ada wadahnya organisasi yang baik dan perlu dikembangkan di kabupaten kota.

“Dimana purnapaskibraka ada wadahnya organisasi, baik di Kabupaten Kota dengan berkolaborasi dengan yang ada di pusat,” ujarnya, Sabtu (29/10/2022).

Ratih menambahkan, mereka akan menjadi contoh mengembangkan nasionalisme, menjunjung ideologi pancasila, yang mana setiap tahun ada 43 anggota paskibraka setiap angkatan.

“Mereka membahas pada saat bertugas dan purna tetap jadi pembina adik-adiknya ketika seleksi paskibraka mereka mendampingi,” tegasnya.

“Sehingga tetap akan kita libatkan mereka, bisa dilibatkan dengan DPOP untuk regenerasinya,” tambahnya.

Sedangkan, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh, M.A. mengatakan, Provinsi Kaltim Ibukotanya Samarinda, namun Kota Balikpapan dijuluki sebagai “Pintu Gerbang Provinsi Kaltim”, dan merupakan salah satu “Kota Penyangga Terdekat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara” yang kini sudah mulai dilaksanakan pembangunannya tahap demi tahap hingga ditargetkan Pemerintah tuntas pada tahun 2045 yang akan datang.

Sehubungan dengan itu, keberadaan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) sangat penting. Apalagi jika telah selesai pembangunan Istana Presiden di IKN Nusantara tahun 2024 yang akan datang, Presiden Joko Widodo merencanakan akan ada Peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Tentunya itu akan menjadi momen bersejarah bagi PPI untuk dapat berpartisipasi, dan harus dipersiapkan dari sekarang,” ujar Asrorun.

Seperti diketahui, Purna Paskibraka memberi arti bahwa mereka adalah yang pernah bertugas dalam suatu tim Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), terutama pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI di setiap tanggal 17 Agustus, pada momen-momen penting di hari-hari besar kenegaraan dan upacara-upacara lainnya.

“Berkenaan dengan itu, saya berharap, semoga Rakernas ini berlangsung dengan lancar hingga berakhirnya nanti dengan dihasilkannya keputusan penting terkait program kerja dan kegiatan PPI ke depan yang lebih baik,” akunya.

“Selain itu, saya juga berharap, PPI terus hadir memberi pembelajaran dan contoh teladan. Aktif dengan melaksanakan program-program dan kegiatannya ke tengah-tengah Pemuda dan Masyarakat pada umumnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *