Pertamina
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga dan Pertamina Sapa Generasi Muda Balikpapan.

Staf Khusus III Menteri BUMN dan Pertamina Sapa Generasi Muda Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Generasi muda menjadi kelompok penting yang dikelola oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Hal ini tampak dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN selama di Kota Balikpapan. Selain melaksanakan kegiatan Pasar Rakyat, Kementerian BUMN bersama Pertamina menggelar kegiatan gen z talent activation di SMA Negeri 5 Balikpapan. Jumat,(07/10/2022). Sehari sebelumnya juga dilakukan kegiatan pertemuan dengan para pekerja millenial BUMN se kota Balikpapan di Gedung Banua Patra.

Kegiatan di SMA 5 Balikpapan mengambil tema “Membangun Generasi Digital Bebas Stunting”. Kegiatan bertujuan memberikan kesempatan untuk para pelajar untuk mengasah bakat dan potensi yang dimiliki dengan memanfaatkan digitalisasi. Pemanfaatan digitalisasi ini diprediksi dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya talenta-talenta muda dari Balikpapan. Kegiatan juga diselenggarakan bekerja sama dengan Telkomsel, Phapros, Kimia Farma dan Biofarma.

“Generasi Z adalah harapan baru bagi negara ini agar terus berada di depan saat persaingan global semakin sengit di masa mendatang,” kata Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga. Untuk itu menurut Arya, para siswa siswa mulai dari SMP dan SMA harus sudah mulai melek digital.

“Serap informasi yang mendukung kemajuan potensi diri dan aplikasikan dalam kegiatan sekolah dan sehari hari agar menjadi pribadi yang berprestasi,” ajak Arya.

Selain, itu Arya juga menjelaskan bagaimana BUMN menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kehidupan sehari-hari.

“BUMN memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Misalnya bagaimana Pertamina mengatur pasokan BBM atau gas elpiji agar terdistribusi dengan baik. Contoh lain seperti Telkomsel yang memastikan sinyal tetap kuat atau Kimia farma supaya pasokan obat tidak terhambat. Disini tergambarkan bahwa sangat besar peran BUMN dalam kehidupan kita semua,” kata Arya.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Balikpapan itu juga bertujuan memberikan pesan kepada pelajar yang merupakan generasi Z untuk lebih bijak dalam bersosial media. Hal lainnya sekaligus memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin yang tepat.

Sehari sebelumnya, juga digelar forum pekerja millenial BUMN se Balikpapan. Dalam kegiatan dengan para pekerja millenial BUMN tersebut, Arya mengajak pekerja millenial untuk siap bersaing secara global dengan tetap mengedepankan landasan AKHLAK sebagai pegangan setiap pegawai BUMN.

“Millenial BUMN harus bisa menjadi pribadi yang agile dan berprestasi dengan memanfaatkan dunia digital,” kata Arya. Oleh karena itu, Arya mengajak semua pekerja millenial untuk bisa lebih bijak menggunakan social media yang tidak hanya sebagai wadah pencari informasi tapi juga pemberi informasi yang positif sehingga menciptakan branding yang tepat kepada masyarakat sekaligus mengangkat citra perusahaan.

“Milenial BUMN ini merupakan generasi kreatif yang bisa beradaptasi pada era disrupsi teknologi seperti saat ini. BUMN saat ini, juga memberikan ruang yang sangat besar bagi kaum milenial dan generasi muda Indonesia untuk terus berkembang dan menjadi pemimpin muda,” jelas Arya.

Senada dengan hal tersebut, VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menyampaikan bahwa para pekerja millenial akan menjadi tumpuan perusahaan dimasa depan.

“Millenial penting untuk selalu menjaga aktualisasi diri, karena untuk menjadi millennial leaders pada tubuh BUMN membutuhkan generasi dengan daya saing global yang juga pandai berkolaborasi serta memanfaatkan era digitalisasi,” tutup Fajriyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *