Pemkot Balikpapan
Kepala Dishub Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra

Tahun 2023, Dishub Targetkan Pasang PJU Sebanyak 1.725 Buah

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menargetkan pemasangan sebanyak 1.725 Penerangan Lampu Jalan Umum (PJU) di seluruh Kota Balikpapan untuk tahun 2023 ini.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra mengatakan, anggaran untuk pemasangan PJU bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan tahun 2023 sebanyak Rp25 miliar. Dan ada juga juga bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak Rp13 miliar.

“Jadi Kami telah melakukan pemasangan tiang PJU dan mengganti tiang lampu untuk kawasan Jalan Jenderal Sudirman maupun Jalan Marsma Iswahyudi,” ujarnya, Selasa (31/10/2023).

Edo sapaan akrabnya menambahkan, selain jalan utama di kawasan perkotaan PJU juga dipasang di sejumlah jalan menuju kawasan luar perkotaan seperti Jalan Soekarno Hatta Kilometer (Km) 13, kemudian Jalan Mulawarman dan Jalan Indrakila.

“Pemasangan ini juga ditambah dengan adanya permohonan dari berbagai lingkungan tempat tinggal masyarakat yang mengajukan permohonan sejak tahun 2022. Totalnya hingga kini sebanyak 800 pemohon,” tukasnya.

Dikatakannya, bahwa untuk lingkungan tempat tinggal masyarakat, tempat PJU untuk di atas jalan 4 meter, pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu.

Itu untuk mengetahui penanggung jawab. Karena selain Dishub, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) bahkan kecamatan memiliki kewenangan yang sama. Hanya saja dengan klasifikasi berbeda. Disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

“Kalau di atas jalan 4 meter masih bisa dicover. Untuk tahun ini permohonan warga untuk pemasangan PJU baru sudah tembus 300 pemohon. Tetapi kalau lampu mati sepanjang kendaraan operasional masuk kami akan ganti langsung,” ungkapnya.

Edo menjelaskan, di tahun depan direncanakan pergantian tiang PJU untuk beberapa titik karena sudah mengalami keropos sehingga mudah roboh.

“Jadi kalau diganti, kami akan lihat juga dari estetikanya,” paparnya.

Pemasangan PJU ini merupakan, program Balikpapan Terang yang diusung Dishub, sampai tahun 2024. Hingga saat ini telah memfasilitasi pemasangan PJU dengan total 15.841 titik. Tahun 2023, penuntasan program akan dilaksanakan dengan menambah dan mengubah beberapa PJU.

Nampak saat malam hari sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan jalan protokol lainnya di Balikpapan, semakin terang benderang dan estetik.
Sedangkan untuk jalan kota, lanjut Edo, pihaknya akan mengganti tiang PJU di jalan Jendral Sudirman, agar estetik kota Balikpapan semakin indah jika dilihat, dimana sebanyak 120 tiang akan diganti.

“Sedangkan lampu PJU yang mati, akan kita ganti. Dan tiang PJU yang rusak akan kita ganti juga,” tuturnya.

Dijelaskannya, bahwa pekerjaan penerangan jalan dibagi kepada pihak kelurahan. PJU di bawah ketinggian empat meter dan di area jalan gang adalah kewenangan kelurahan sesuai Permendagri 130 Tahun 2018.

“Untuk pemeliharaan dibagi ada yang ke kelurahan ada yang ditangani oleh Dishub,” terangnya.

Untuk tahun ini, lanjut Edo, terkait program wali kota yang meminta penerangan Kota Balikpapan terus ditingkatkan. Dishub telah membangun 1.725 PJU baru yang akan berfungsi akhir tahun nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANL-MEI
hosting terpercaya
tes