Terapkan Praktek Pertambangan yang Baik, Kideco Raih Sejumlah Penghargaan dari Kementerian ESDM

Terima Empat Kategori Penghargaan dari Kementerian ESDM

 

JAKARTA – PT Kideco Jaya Agung meraih sejumlah penghargaan pada Ajang Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang baik, Good Mining Practice Award (GMP) dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, Kamis (29/9). Penghargaan diterima Direktur utama PT Kideco Jaya Agung M. Kurnia Ariawan.

Anak perusahaan dari PT. Indika Energy Tbk tersebut, mendapatkan penghargaan tertinggi yakni piagam Aditama untuk aspek pengelolaan standarisasi dan usaha jasa pertambangan batubara.

“Kami juga meraih tiga penghargaan lainnya yaitu piagam Aditama untuk aspek pengelolaan teknis pertambangan batubara, piagam Aditama untuk aspek pengelolaan lingkungan hidup pertambangan batubara, serta piagam utama untuk aspek konservasi batubara,” kata Direktur utama PT Kideco Jaya Agung M. Kurnia Ariawan.

Kurnia mengatakan penghargaan ini sebagai bukti komitmen Kideco telah menjalankan prinsip Good Mining Practice di seluruh aktivitas operasional.

Menurutnya kepercayaan pemerintah kepada Kideco untuk mengelola tambang batu bara dengan baik harus benar-benar dijaga.

Kurnia menerangkan pihaknya terus berkomitmen melakukan inovasi dan memperkuat aspek enviromental Sosial Governance (ESG) dalam mewujudkan perusahaan yang produktif, efektif, efisien, dan berkelanjutan.

“Kideco sendiri telah melakukan beberapa terobosan sebagai upaya mewujudkan operasional pertambangan yang berkelanjutan salah satunya menjalin kerjasama dan komitmen dengan mitra bisnis dalam implementasi target ESG yang ditetapkan untuk dijalankan bersama,” tutur Kurnia.

Beberapa target dari komitmen tersebut antara lain penurunan konsumsi bahan bakar dalam proses produksi penggunaan energi terbarukan seperti solar panel dan bus listrik, penanaman pohon di daerah aliran sungai sebagai upaya dekarbonisasi atau penyerapan emisi, memastikan kemandirian masyarakat melalui beberapa program CSR yang dijalankan serta kontribusi nyata terhadap pembangunan daerah.

“Kami juga memastikan tata kelola perusahaan berjalan dengan baik dengan diperolehnya standar internasional sertifikat ISO 37001 anti brieberry management system yang harus terus dipertahankan,” katanya.

Staf khusus menteri SDM bidang percepatan dan tata kelola sektor mineral dan batubara Prof.Dr.Ir Irwandy Arif yang mewakili Menteri ESDM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para pelaku usaha pertambangan yang menerima penghargaan selamat kepada para penerima penghargaan Semoga dapat menjadi role model dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Irwandi lebih lanjut meminta segenap pelaku usaha agar terus meningkatkan komitmen dan integritas terhadap pencapaian good mining practice sehingga kegiatan pertambangan dapat diwujudkan secara bertanggung jawab dan semakin mensejahterakan masyarakat.

Penyerahan penghargaan prestasi penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik merupakan rangkaian acara peringatan hari jadi pertambangan ke-77 yang jatuh pada 28 September.

PT Kideco Jaya Agung merupakan perusahaan pertambangan batubara generasi 1 yang didirikan pada tahun 1982 kegiatan pertambangan kideko berlokasi di Kabupaten Paser Provinsi Kaltim dengan produksi komersial dimulai pada tahun 1993 sebesar 1,2 juta Ton dan mencapai produksi komulatif 600 juta Ton pada tahun 2021. Perusahaan ini bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam dan berkontribusi terhadap pasokan energi Indonesia. (Tj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *