Tim Jibom Den Gegana Sat Brimobda Kaltim Lakukan Pendisposalan Bom Sisa Perang Dunia II

Balikpapan, Gerbangkaltim.com  – Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim mengevakuasi mortir peninggalan Jepang yang ditemukan warga di salah satu wilah Kota Balikpapan, Selanjutnya bahan peledak itu didisposal atau dimusnahkan Oleh Tim Jibom Den Gegana.

Proses disposal dipimpin oleh Bripka Asdar Tim Jibom Den Gegana Brimob Polda Kaltim beserta jajarannya

Lokasi pendisposalan berada di lahan kosong yang berada di Dekat Mako Batalyon C Pelopor Km 13 Balikpapan, mortir itu didisposal pada pukul 10.15 WITA.

“Pendisposalan dilakukan dengan langkah sesuai SOP, dimulai dari mensterilisasi lokasi, menentukan lokasi, penggalian lokasi, penempatan handak (bahan peledak), perakitan handak, hingga pengamanan lokasi,”ujar Bripka Asdar dalam keterangannya, Senin (21/02/2022)

Asdar mengatakan kegiatan pendisposalan juga berlangsung lancar.

“Pendisposalan mortir temuan warga tersebut telah dilaksanakan sesuai prosedur dan berlangsung dalam situasi aman dan baik,” ujarnya.

Asdar mengungkapkan mortir temuan warga adalah bom militer tipe proyektil yang masih bisa meledak.

Ke depan,dia berharap bila masyarakat menemukannya segera melapor ke polisi. Karena dikhawatirkan akan memicu ledakan.

Apabila menemukan benda benda yang serupa, untuk tidak langsung memegang apalagi membawa barang ke rumah, segera lapor Kepolisian,” tutupnya.

Pendisposalan ini sudah di lakukan dengan SOP yang berlaku, karna pendisposalan ini bukan kegiatan yang sembarangan bisa di lakukan oleh sembarangan orang, pendisposalan/penghancuran ini memiliki resiko yang tinggi, oleh sebab itu saya tekankan untuk para anggota di lapangan tetap menjalankan SOP Pendisposalan yang baik dan benar, agar semua aktivitas berjalan dengan baik. Tutup Kombespol Andi Rifai, S.I.K, M.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *