Tingkat Pengawas dan Keamanan Bandara SAMS Sepinggan Gelar Rapat Airport Security Committtee Pertama Ditahun 2022

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Administrasi PT Angaksa Pura I Balikpapan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, laksanakan rapat Airport Security Committtee (ASC) yang pertama di tahun 2022 sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan keamanan di Bandara.

Turut hadir dalam rapat tersebut yakni General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Kepala Badan Intilijen Negara daerah Kalimantan Timur, Perwakilan Komandan Pangkalan TNI AU Lanud Dhomber, Kepala Kepolisian Sektor Wilayah Sepinggan Balikpapan, Komandan Komando Rayon Militer Balikpapan Timur, Perwakilan Custom Imigration & Quarantine Balikpapan, Perwakilan Kepala Stasiun Meterologi Balikpapan, Kepala Biro Umum Sekertariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, General Manager Airnav dan Pimpinan masing-masing Airlines.

Dalam rapat koordinasi tersebut Rika Danakusuma, General Manager Bandara SAMS Sepinggan dalam sambutannya menyampaikan “Sebagaimana amanah yang dituangkan pada KM 211 tahun 2020 tentang program keamanan penerbangan nasional dimana pelaksanaan ASC ditingkat Bandara dilaksanakan sekurang-kurangnya empat kali dalam setahun, pada pertemuan kali ini kita baru melaksanakan pertemuan yang pertama. Pada rapat ASC kali ini kita akan membahas kesiapan dan pemberian keamanan pada para pelaku perjalanan serta pelaksanaan posko lebaran 1443 H tahun 2022”, ucapnya.

Bersamaan dengan itu terjadi perubahan operation hour atau jam operasional Bandara pada periode mudik tahun 2022 yang sebelumnya dimulai dari pukul 07.00 s.d 18.00 WITA menjadi 06.00 – 23.00 WITA.

“Pada kesempatan kali ini marilah kita bersama-sama menyiapkan personil dan perlengkapan dengan sebaik-baiknya serta menjalankan koordinasi berjenjang secara intense dalam upaya mengatasi permasalahan yang akan timbul demi menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna jasa”.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti juga mengatakan “mengapresiasi atas penyelanggaran rapat ASC sesuai dengan apa yang diamanahkan oleh Peraturan Pemerintah, menanggapi apa yang telah disampaikan General Manager Bandara SAMS Sepinggan terkait keamanan di Bandara, pada kesempatan ini saya ingin menekankan bagi para pengantar ataupun penjemput baik dari instansi harus mematuhi batas-batas daerah keamanan terbatas sebagaimana yang telah ditetapkan”.

“Meskipun memiliki pass Bandara bukan berarti kita bebas masuk keseluruh area Bandara namun tetap harus dalam pengawasan dari petugas Aviation Security serta memasuki area yang sesuai dengan kategori pas yang ada”, tegas Anung.

Lanjut Rika menyampaikan “Semoga dalam pertemuan ini dapat menjadi ajang bagi para stakeholder Bandara mempererat silaturahmi untuk meningkatan koordinasi dan evaluasi yang bertujuan memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa”, tutup Rika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: