Balikpapan, Gerbangkaltim.com –
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan siap menggelar pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) terbatas. Menyusul turunnya status PPKM Level 4 ke Lavel 3 untuk Kota Balikpapan.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri daerah bisa menggelar PTM terbatas yang berstatus PPKM Level 1-3.

“Nah seperti yang disampaikan kemarin Balikpapan sudah turun dari Level 4 ke Level 3,” ujar Muhaimin, Senin (20/09/2021).

Dia mengungkapkan, saat ini hanya tinggal menunggu izin dari Wali Kota Rahmad Mas’ud selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, kemudian baru menggelar PTM terbatas.

“Saat ini Disdik tinggal menunggu surat edaran atau persetujuan dari Wali Kota selaku Ketua Satgas untuk kita melaksanakan PTM terbatas,” tegasnya.

Dia menjelaskan, pihaknya bahkan telah menggelar simulasi PTM terbatas SD dan SMP. Bahkan pada simulasi yang ketiga digelar seluruh sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta.

“Simulasi terakhir semua sekolah untuk SD kelas 5 dan SMP kelas 8, MI maupun Madrasah, negeri dan swasta,” paparnya.

Selain itu lanjutnya, masing-masing sekolah sudah memiliki SK Satgas Covid-19 dan telah menyiapkan protokol kesehatan. Tapi kami tetap menunggu arahan dari Wali Kota,” jelasnya.

Kata dia, selama tiga kali menggelar simulasi, dari hasil evaluasi tidak ditemukan adanya klaster sekolah.

“Semua berjalan dengan lancar, berjalan dengan aman tidak ada masalah apapun,” ucapnya.

Untuk PTM terbatas berdasarkan kehadiran siswa paling banyak 50 persen dan hanya dua jam. Dalam sepekan hanya dua kali pertemuan.

“Bergantian maskimal seminggu dua kali,” ujarnya

Namun dia belum tahu apakah ketika dilaksanakan PTM terbatas juga termasuk SD. Namun sesuai ketentuanya SM, SMK, SMP dan SD. Hanya saja memang siswa SD hingga kini belum divaksin.

“Kalau SMA dan SMK keputusan ada di Gubernur Kaltim. Simulasi terakhir semua sekolah. Kapan itu pelaksanaannya tergantung Wali Kota selaku Ketua Satgas. Kita tunggu,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply