PKK
Rangkaian puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 dan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19 tahun 2022, Provinsi Kalimantan Timur diselenggarakan di BSCC Dome pada Rabu (3/8/2022) kemarin.

Wagub Kaltim Beri Apresiasi HKG dan BBGRM di Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Rangkaian puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 dan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19 tahun 2022, Provinsi Kalimantan Timur diselenggarakan di BSCC Dome pada Rabu (3/8/2022) kemarin.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi beserta istri Erni Makmur Hadi Mulyadi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua TP PKK Kaltim.

Sebanyak 800 orang peserta dan tamu undangan kegiatan ini, diterima langsung Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud beserta istri, Nurlena Rahmad Mas’ud yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kota Balikpapan dan Ketua Panitia penyelenggara selaku tuan rumah.

Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyatakan, sebagai tuan rumah pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dihelat dalam rangka memperingati HKG ke-50 dan BBGRM ke-19 se-Kaltim ini.

“Saya sebagai tuan rumah Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada bapak dan ibu sekalian, khususnya Provinsi Kalimantan Timur dan juga Bupati dan Wali Kota yang sudah turut hadir pada kesempatan ini,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud menambahkan, sangat bersyukur karena kegiatan tersebut bisa dilaksanakan di kota Balikpapan secara tatap muka, mengingat sebelumnya selama 2 tahun dilakukan secara virtual.

“Alhamdulillah, peringatan HKG PKK dan BBGRM tahun ini bisa mendapatkan respon yang positif. Terbukti dengan partisipasi sekira 800 orang peserta dari PKK maupun LPM se-Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Nurlena juga meminta seluruh pihak untuk meningkatkan integrasi sosial dan menumbuhkan semangat gotong royong serta berupaya memberdayakan masyarakat.

“TP PKK juga diharapkan dapat mengajak keluarga Indonesia untuk menjadi keluarga cerdas sejahtera tangguh,” tuturnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan puncak rangkaian kegiatan yang telah digelar sejak 1 Agustus lalu yang dilaksanakan di berbagai tempat di Balikpapan.

Adapun, kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, jalan santai, perlombaan yang diikuti kader dari Pokja I – IV, juga rapat koordinasi, dan konsultasi kader PKK dengan pejabat dan stakeholder, terkait pembinaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, terselenggaranya rapat koordinasi LPM Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur menghasilkan beberapa kesepakatan. Dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, sejalan dengan salah satu lirik mars LPM.

“LPM berkarya, masyarakat sejahtera,” paparnya.

Keberadaan stand pameran juga bisa menjadi upaya peningkatan pendapatan keluarga.

“Dapat dilihat upaya kader PKK untuk bangkit meskipun terdampak pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Erni Makmur Hadi Mulyadi menyampaikan, keluarga harus jadi fokus perhatian dan diberdayakan.

“Karena keluarga adalah unit terkecil masyarakat. Karena mereka bisa diberdayakan. Karena gerakan PKK berpotensi memberdayakan mereka secara keseluruhan,” paparnya.

Upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat perlu dilakukan dengan pendekatan cipta, rasa dan karsa. Yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Oleh karena itu, gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi menuturkan, dirinya menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada kota Balikpapan yang telah menjadi tuan rumah yang luar biasa.

Juga karena Balikpapan berhasil memboyong juara satu di beberapa kategori.

“Juga Kutai Timur yang menjadi juara umum dalam kegiatan ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *