Wali Kota Balikpapan Buka Secara Resmi Kejuaraan Panahan Berkuda

Balikpapan,- Wali Kota Balikpapan Rahamad Mas’ud membuka secara resmi kejuaraan panahan dan panahan berkuda (Horseback Archery) yang digelar di belakang Gedung Kesenian Balikpapan, Jalan Syarifuddin Yoes, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Minggu (28/11/2021). Dengan ditandai memanah sasaran bersama sejumlah atlet panahan Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kaltim Rahmad Mas’ud mengatakan,saat ini olah raga memanah dan berkuda sudah berkembang pesat di Balikpapan, Kaltim.

“Saya optimis olah raga ini akan berkembang dan akan menjadi salah satu olah raga andalan Kaltim kedepannya,” ujarnya.

Kejuaraan ini, katanya, bukan saja sebagai ajang untuk mengadu bakat para atlet memanah dan berkuda, namun juga sebagai ajang untuk menghidupkan tali silaturahmi sesama penggemar olah raga memanah dan berkuda, khususnya yang ada di Kalimantan.

“Saya juga berniat membangun fasilitas pacuan kuda dan termasuk panahan berkuda. Insyallah tahun depan kita bangun, mudah-mudahan olah raga ini akan menjadi salah satu icon Kota Balikpapan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pordasi Kaltim Komisi V Adi Priyatno mengatakan panahah berkuda atau Horseback Archery ini melombakan beberapa kategori yang diikuti peserta anak hingga dewasa.

“Adapun kuda yang digunakan merupakan sponsor dari beberapa stable yang ada di Kota Balikpapan. Tapi ada juga kuda milik peserta,” ujarnya.

Selain panahan berkuda, digelar juga panahan untuk anak-anak (junior) usia 12 memiliki dua kategori yaitu singel shoot dan double shoot.

“Untuk dewasa (senior) di atas 15 tahun juga dua kategori yakni double shoot dan triple shoot,” jelasnya.

Kejuaraan ini, katanya, tidak hanya diikuti atlet panahan dan panahan berkuda dari Balikpapan saja, namun juga beberapa kabupaten dan kota di Kaltim seperti Samarinda, Paser, PPU, Kukar, Bontang dan Balikpapan sebagai tuan rumah.

“Bahkan dalam kegiatan ini ada peserta yang dating dari Banjarmasin, Kalsel,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *