Wali Kota
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menerima penghargaan Nindya sebagai Kota Menuju Kota Layak Anak (KLA). Jumat (22/7/2022).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud Terima Penghargaan KLA2022 Kategori Nindya

Balikpapan, Gerbangkaltim.com Pemerintah Kota Balikpapan kembali mendapatkan penghargaan
Nindya sebagai Kota Menuju Kota Layak Anak (KLA). Pemberian penghargaan ini langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang kepada Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud pada puncak peringatan Hari Anak Nasional yang mengambil tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan, apresiasinya kepada Kementerian PPPA yang telah memberikan penghargaan tersebut kepada Kota Balikpapan sehingga mewujudkan Kota Balikpapan sebagai Kota Layak Anak.

“Alhamdulillah kategori Nindya, ini penghargaan untuk warga Balikpapan,” ujar Rahmad Mas’uda, pada Jumat (22/2022).

Penghargaan Nindya ini, lanjut Wali Kota Balikpapanm, akan menjadi semangat dan motivasi sekaligus juga beban tanggung jawab untuk terus meningkatkan pelayanan baik dari sisi infrastruktur dan program-program yang dapat memberikan kenyamanan serta perlindungan terhadap anak di Balikpapan.

“Peranan semua pihak baik dari lurah dan RT yang konsisten mendukung program kami di wilayah masing-masing akan sangat membantu,” jelasnya.

Rahmad Mas’ud mengharapkan, di Kota Balikpapan tidak ada lagi anak yang putus sekolah, sehingga dimasa kepemimpinannya, pendidikan menjadi salah satu prioritasnya dengan sekolah gratis.

“Jangan ada lagi anak-anak yang tidak sekolah di Balikpapan,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pendidikan moral bagi anak juga tak kalah pentingnya. Dimana Kota Balikpapan merupakan kota yang heterogeny, dalam hal suku dan agama.

“Apapun agamanya yang terpenting adalah mempelajari dengan baik, karena implementasinya pada pemahaman moral si anak. Jalani dan amalkan,” pintanya.

Sementara itu, dalam peringatan Hari Anak Nasional di Kota Balikpapan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan, Alwiati menyampaikan pentingnya peranan orang tua dan masyarakat dalam melindungi anak.

“Anak harus kita lindungi karena memang generasi penerus kita, sebab jika tidak, kita khawatir SDM kita itu tidak berkualitas ke depannya,” ujarnya.

Selain melindungi anak, katanya, peranan pemerintah juga penting dalam hal menyediakan fasilitas ramah anak guna memenuhi hak-hak anak.

“Penyediaan hak-hak anak harus kita berikan, seperti contohnya penyediaan ruang bermain,” ungkapnya.

Di Hari Anak Nasional tahun 2022, lanjutnya, Pemerintah Kota Balikpapan menerima penghargaan Kota Layak Anak 2022 Kategori Nindya.

“Hal ini tentunya menjadi komitmen kita bersama dalam mewujudkan Balikpapan yang ramah anak,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.