Pemkot
Pemkot Balikpapan menyelenggarakan kegiatan bersama mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI secara virtual di Auditorium, Balaikota Balikpapan, Selasa (16/8/2022).

Wali Kota dan Forkopimda Saksikan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo Secara Virtual

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan menyelenggarakan kegiatan bersama mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI secara virtual di Auditorium, Balaikota Balikpapan, Selasa (16/8/2022).

Kegiatan ini hadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Setda Kota Balikpapan.

Dalam pidato kenegaraan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah hal, terkait pencapaian negara ini hingga tantangan yang akan dihadapi ke depannya.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini sangat berat, sangat sulit, tidak mudah. Krisis kesehatan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, perekonomian dunia juga belum bangkit kemudian tiba-tiba pecah perang di Ukraina, akibatnya krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi,” jelas Presiden Jokowi pada saat menyampaikan Pidato Kenegaraan, Selasa (16/8/2022).

Jokowi menambahkan, oleh karena berbagai macam tantangan tersebut, sehingga sebagian negara di dunia terancam jatuh bangkrut.

“Kita patut bersyukur negara kita mampu menghadapi krisis global ini. Mulai dari berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dan termasuk 5 besar negara dengan angka vaksinasi tertinggi di dunia, yaitu 432 juta dosis yang sudah disuntikkan,” ujarnya.

Presiden juga menyampaikan keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan inflasi.

“Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen, angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen. Sedangkan APBN surplus Rp 106 triliun sampai pertengahan tahun ini,” tambahnya.

Presiden Jokowi yang pada kesempatan tersebut menggunakan baju adat Paksian yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung juga menegaskan, agenda besar bangsa Indonesia tidak boleh berhenti.

“Langkah-langkah besar harus terus dilakukan. Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu mendukung agenda besar demi pencapaian Indonesia Maju,” tegasnya.

“Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Negeri Pancasila. Merdeka!!!” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan menanggapi pidato kenegaraan presiden tersebut menyatakan, Pemkot Balikpapan akan mendukung penuh upaya pemerintah Indonesia dalam memajukan Indonesia.

“Tadi kita sama-sama mendengarkan pidato Presiden Jokowi ya, tentunya kita dukung upaya-upaya yang telah disampaikan tersebut,” ujarnya, saat ditemui usai kegiatan penyampaian Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI Jokowi.

Rahmad Masud menekankan tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat masyarakat Indonesia untuk bisa bangkit dan pulih bersama dari kondisi yang dialami Indonesia beberapa tahun ke belakang.

“Peringatan HUT ke-77 RI ini kita rayakan dengan semangat sesuai dengan tema yang diusung yaitu Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.