Pemkot
Pemkot Balikpapan menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Jum’at (28/10/2022).

Wali Kota Minta Pemuda Balikpapan Sukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan menyerahkan penghargaan kepada 12 orang perwakilan dari 118 pemuda yang berprestasi, baik di tingkat nasional, provinsi dan tingkat kota.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, dengan mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada semua bagaimana bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Peran pemuda Indonesia sangat lah berpengaruh pada kesuksesan bangsa, sehingga bisa mengantarkan bangsa Indonesia pada momentum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di tahun 1945,” ujar Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat membacakan sambutan Menpora RI Zainudin Amali, Jum’at (28/10/2022).

Peringatan Sumpah Pemuda, sambungnya, memiliki makna penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan menghadapi ancaman terhadap kedaulatan maupun kesatuan bangsa Indonesia.

“Tema Bersatu Bangun Bangsa ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Sumpah pemuda juga menjadi kiblat atau acuan para pemuda, katanya, khususnya untuk pemuda dan pemudi Balikpapan untuk dapat meneruskan perjuangan kemerdekaan dalam mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa.

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” tegasnya.

Rahmad berpesan agar pemuda-pemudi yang ada di Balikpapan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya dan memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Dan hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras,” paparnya.

Wali Kota Balikpapan juga menyampaikan rasa syukurnya pada kiprah pemuda Indonesia dan khususnya pemuda-pemudi Balikpapan yang juga telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level lokal, regional, nasional maupun pada level internasional.

Orang nomor satu di Kota Balikpapan ini mengajak serta seluruh elemen masyarakat, utamanya para pemuda, untuk dapat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan pemuda terdahulu.

“Apalagi dalam proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ini, artinya peranan kita sebagai Pemuda Kalimantan Timur dan terkhusus Pemuda Balikpapan bisa berpartisipasi dan turut serta untuk menyukseskan pemindahan IKN untuk menjadi satu peradaban Indonesia Baru di muka bumi ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *