Pemkot
Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Heria Prisni

Waspada, Tiga Hewan Ternak di Balikpapan Terpapar PMK

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan menemukan sebanyak 3 ekor ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Untuk mencegah meluasnya penyakit ini, DP3 Kota Balikpapan mengintensifkan pemberian vaksin.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Heria Prisni mengatakan, pihaknya 21 Agustus yang lalu menemukan ada 3 hewan ternak di Balikpapan yang terpapar PMK. Dan ternak ini masuknya melalui Kota Samarinda.

“Ini hasil pemeriksaan yang dilakukan laboratorium Veteriner Banjar Baru, Kalsel. Dimana masing-masing hewan yang dinyatakan positih terpapar PMK masing-masing 2 ekor kerbau dan 1 ekor sapi,” ucap, Selasa (27/9/2022).

Dalam rangka mencegah meluasnya PMK di Balikpapan, Heria mengatakan, pihaknya telah melakukan vaksin terhadap 700 ekor sapi, dengan harapan tidak ada lagi penyebaran PMK. Sedangkan tiga hewan yang terpapar PMK ini masuk ke Balikpapan melalui Kota Samarinda tanpa melalui proses karantina.

“Mudah-mudahan berhenti di tiga hewan ini, karena sudah kami antisipasi dengan melakukan vaksin,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *