Pemkot
Kepala Disdukcapil kota Balikpapan, Hasbullah Helmi

6.000 blanko e-KTP Sudah Tersedia di Disdukcapil Kota Balikpapan

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan menyatakan saat ini sudah ada sebanyak 6.000 blanko e-KTP (KTP Elektronik) telah tersedia, setelah sempat kosong pada Desember 2022 lalu. Dengan sudah tersedianya blanko e-KTP pelayanan e-KTP telah kembali normal.

Kepala Disdukcapil kota Balikpapan, Hasbullah Helmi mengatakan, saat ini pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Balikpapan menyusul telah tersedianya sebanyak 6.000 blanko e-KTP (KTP Elektronik).

“Sudah ada, makanya ramai terus. Kita terima 6000, sementara yang dicetak potensinya 7000,” ujarnya, Kamis (12/1/2023).

Helmi menambahkan, saat ini pihaknya juga telah kembali mengajukan blangko e-KTP yang kurang kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita sudah ajukan yang kurang, mudah-mudahan Jum’at sudah ada lagi. Jadi pelayanan pencetakan blanko e-KTP bisa nyambung terus,” jelasnya.

Diakuinya, saat ini memang ada lonjakan pencetakan blanko e-KTP, dimana setiap harinya bisa mencapai 1.200 orang per hari. Untuk ini masyarakat diminta bersabar. Pasalnya, mencetak blanko untuk 1 orang, bisa memakan waktu hingga 3 menit.

“Jadi kalau sudah ada 10 orang, bisa sampe setengah jam nunggunya. Lumayan lama, jadi sabar aja, pasti dicetak,” tegasnya.

Selain itu, untuk e-KTP bisa juga dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) dan pengambilannya juga bisa melalui gojek atau go send.

Helmi menyampaikan, di tahun 2023 ini pihaknya telah mengajukan anggaran untuk pengadaan persedian blangko e-KTP sendiri ke pusat, dengan sistem hibah.

“Jadi kita anggarkan sendiri, sekarang sedang proses. Kalau nanti itu selesai, wah kita aman, insyaAllah bakal terjamin, tidak ada kosong-kosong lagi soal KTP,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *