Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemprov Kaltim mengelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) dengan mengusung tema “Spirit IKN dengan Kearifan Budaya Lokal.” Kegiatan ini merupakan agenda rutin pemerintah daerah untuk menfasilitasi ruang ekspresi keberagaman budaya dan mendorong interaksi budaya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung BSCC Dome Balikpapan ini dilaksanakan dari tanggal 14 – 17 September 2023.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur- Hadi Mulyadi mengatakan IKN kelak akan dihuni oleh berbagai etnis, agama dan latar belakang masyarakat yang berbeda adat istiadat, serta kebudayaannya yang datang dari seluruh Indonesia. Untuk itu harus dapat disandingkan secara harmonis dan saling mengisi satu sama lain, untuk memperkuat keutuhan budaya bangsa Indonesia.

“Banyak ekspresi budaya di Kaltim dapat dinikmati masyarakat melalui kegiatan PKD. PKD merupakan perwujudan amanah Undang- undang Nomor lima tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan. Kegiatan ini menjadi wadah ruang ekspresi keberagaman budaya,” ujar, Sabtu (16/ 09/ 2023).

Hadi dalam sambutannya mengajak warga Kaltim tumbuh kembangkan seni dan budaya yang ada di Kaltim dan seni budaya pada umumnya. Kata Hadi berujar Pemprov mengapresiasi yang tinggi kepada pelaku seni budaya yang dalam keadaaan sadar terus bekerja dan berkarya untuk kelestarian dan dan kemajuan seni budaya benua etam dan seni budaya nasional.

“Keberagaman seni budaya di Kaltim dapat di kaga sepanjang masa dan agar tidak terpengaruh seni budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai budaya bangsa Indonesia,” tukasnya.

Malam puncak PKD diisi dengan penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Grand Final Pemilihan Duta Tari. Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim.

Terdapat 10 kategori penerima Anugerah Kebudayaan. Masing-masing kabupaten kota di Kaltim dengam kategori sebagai berikut. Yaitu Pelestari Adat Istiadat- Kabupaten Kutai Barat; Pelestari Tradisi Lisan- Kabupaten Berau; Kreator Pelopor Seni Musik Darah- Kabupaten Paser; Kreator Pelopor Seni Teater Daerah- Kabupaten Paser; Sastrawan Daerah- Kabupaten Paser; Pelestari Cagar Budaya- Kabupaten Paser; Kreator Pelopor Seni Rupa Daerah- Kota Balikpapan; Pelestari Manuskrip- Kabupaten Berau; Pelestari Seni Tradisi yang Hampir Punah- Kabupaten Paser dan Kreator Pelopor Seni Tari Daerah- Samarinda.

Sementara itu, peraih Putra Putri Duta Tari Kaltim 2023 juara Satu Alessandro Pierre Lasa asal Kabupaten Mahakam Ulu; Juara dua diraih Intan Nuraini asal Kabupaten Penajam Paser Utara dan Juara tiga Diraih Faisal Rahman asal Kabupaten Penajam Paser Utara. Gubernur Kaltim- Isran Noor turun langsung dan menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada sang jawara Putra Putri Duta Tari Kaltim 2023.

Malam puncak PKD juga diumumkan daftar pemenang Lomba Penulisan Cerita Rakyat, Festival Musik Tradisional Kaltim 2023.

Share.
Leave A Reply