film
Kepala DPOP Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma

Balikpapan Film Festival Jadi Tolak Ukur Dunia Perfileman

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menyatakan pelaksanaan Balikpapan Film Festival menjadi tolak ukur pengembangan potensi dunia perfileman di Kota Balikpapan.

Kepala DPOP Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, Balikpapan Film Festival yang digelar ini pesertanya bukan hanya dari Kota Balikpapan, namun juga ada yang dari Samarinda, Bontang Tenggarong, Grogot, PPU, Kutai Timur dan Kutai Barat.

“Jadi ini untuk menggerakkan ekonomi kreatif yaitu sektor perfilman dengan mewadahi para pelaku ekonomi kreatif membuat film sineas muda untuk melahirkan generasi muda yang kreatif dan inovatif di bidang perfilman,” ujar Ratih Kusuma, Minggu malam (26/6/2022).

Ratih menambahkan, waktu dan tempat pelaksanaan dimulai 1 April sampai dengan 26 Juni 2022 yang dimulai dari pendaftaran lomba kemudian pengumpulan karya penjurian film, kemudian malam ini adalah penganugerahan film Balikpapan film festival tahun 2022 yang tempat pelaksanaannya adalah di gedung kesenian kota Balikpapan.

“Kami mengundang para pembuat film produsen film dan rumah produksi untuk membuat karya film cerita pendek yang akan dinilai oleh para juri yang kompeten,” jelasnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terbuka untuk umum dengan peserta yang mendaftar berjumlah 40 peserta dengan hasil karya yang sudah masuk dalam kurasi berjumlah 32 karya film, galeri poster berjumlah 39 poster film, kemudian trailer counter berjumlah 39 poster film.

“Serta juri Balikpapan film festival yaitu ada Ahmad Palevi dari alumni Institute Kesenian Jakarta Fakultas film dan televisi kemudian ada Kusen Doni Hermansyah yaitu dosen perfilman Institute Kesenian Jakarta dan Jafran adalah produser dan sutradara,” ungkapnya.

Kemudian dalam nominasi Anugerah di Balikpapan film festival ada 9 kategori yang seperti film terbaik, sutradara terbaik, penulis skenario terbaik, penyunting terbaik, penata kamera terbaik, penata suara terbaik, pemeran terbaik, trailer terfavorit, dan poster terbaik.

“Melalui kegiatan ini kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung penuh kegiatan Balikpapan film festival, semoga kegiatan ini dapat menjadi barometer perfilman di Indonesia dan peningkatan ekonomi kreatif,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: