imigrasi
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Sofyan hadiri gelaran Program Unggulan ‘Gerbang Transisi’ di Aula Sudirman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Selasa (07/02/2023).

Bangkitkan Peran Strategis Kemenkumham Melalui Program ‘Gerbang Transisi’

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Salah satu Program Unggulan Inspektorat Jenderal Tahun 2023 yakni ‘Gerbang Transisi’ yang merupakan akronim dari ‘Bergerak Bangkitkan Kesadaran, Motivasi dan Inspirasi’ digelar di Aula Sudirman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan pada Selasa (07/02). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Sofyan serta dihadiri oleh seluruh Kepala UPT di Lingkungan Kemenkumhan Kaltim – Kaltara termasuk diantaranya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan Wahyu Gumilang.

Inspektur Jenderal Kemenkumham, Ir. Razilu, M.Si., CGCAE mengawali sambutannya dengan menyampaikan tujuan dari program Gerbang Transisi. Dia kemudian menjelaskan tiga fokus utama dari gerbang transisi yaitu area kesadaran, area motivasi dan area inspirasi.

Pada area kesadaran, Razilu menggambarkan bahwa Kementerian ini bagaikan kapal besar. Dengan lebih 60.000 pegawai sebagai awak kapalnya. “Oleh karenanya, setiap awak kapal haruslah satu visi-misi sehingga kapal sampai tujuan dengan selamat,”

Kemudian, pada area motivasi, Razilu mengingatkan kembali Resolusi Kemenkumham 2023 yaitu Wujudkan Kementerian Hukum dan HAM Semakin PASTI dan BerAKHLAK dengan bekerja secara cepat, tepat, ihklas dan hasilnya akuntabel. “Dalam mendukung resolusi tersebut setiap pegawai harusnya memiliki Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) yang tinggi,” ujarnya.

Terakhir, pada area inspirasi, Razilu menjelaskan terkait Creativity Quotient (CQ). Salah satu kecerdasan adalah kecerdasan kreatif. “Mereka yang cerdas secara kreatif, dia memiliki kemampuan utk memproduksi banyak ide,” ungkap Razilu.

Razilu memberikan cerita inspiratif Imam Syafi’i dan Keberkahan Gaji. Ia berpesan bahwa kita sebagai pegawai negeri sipil hendaknya tidak mengejar nominal gaji setinggi-tingginya, namun mengejar gaji yang berkah serta halal.

Menutup kunjungannya Irjen Kemenkumham juga menyempatkan diri menjadi narasumber pada Program Podcast Kantor Imigrasi Balikpapan yang juga disiarkan langsung melalui kanal Radio untuk menyapa masyarakat sekaligus mensosialisasikan program ‘Gerbang Transisi’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *