Dandito Team Terbangkan Perdana 5 Siswa Paramotor, Target Raih Emas Pada PON mendatang

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Club Dandito Team yang berada dibawah naungan Pengurus Daerah (Pengda) Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Lanud Dhomber Balikpapan, menggelar terbang perdana bagi 5 siswa barunya di Pantai Sisbeach Selok Api Laut Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (26/06/2022).

Dan lima siswa yang dirilis untuk terbang perdana ini masing-masing Muhammad Fadhlan Akhyar (Balikpapan), Dandi Aviadien Putra (Balikpapan), Karmila (Kutai Barat), Anggi Pratama (anggota TNI AU Lanud Dhomber Balikpapan) dan Muhammad Junaidi (Balikpapan).

Ketua Club Dandito Team, Rudi Setiawan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di pantai Sisbeach Selok Api Laut Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, agendanya utamanuya adalah menerbangkan siswa-siswi baru yang akan dipersiapan pada saat PON 2024 mendatang di Padang, Sumbar.

“Kelima siswa ini, kebetulan ada yang dari atlet paralayang dan para motor, selain anggota TNI AU, ada juga dari masyarakat umum yang hobi olahraga aero sport . Bahkan, satu diantaranya adalah siswa kelas 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Balikpapan, jadi ini kegiatan sebagai regenerasi juga, ” ujar Rudi Setiawan didampingi atlet paralayang Dandito Team Rusdiansyah, ditemui disela-sela latihan terbang perdana.

Sebelum melakukan penerbangan perdana ini, kelima siswa calon atlet ini kata Rudi, di dua minggu sebelumnya melaksanakan latihan teori dan praktek serta latihan ground atau latihan kering, termasuk pengenalan alat. Setelah para siswa memahami teori dan prakteknya dalam latihan yang dilakukan, maka barulah mereka yang utamanya atlet para motor dirilis dengan menggunakan mesin.

“Syukur Alhamdulillah, kelimanya berhasil terbang dengan mulus. Hari ini, the last day (hari terakhir), setelah dua Minggu latihan kita rampungkan hari ini. Kebetulan cuaca bagus hari ini dan semua terbang, terlebih kondisi pantai yang sangat menunjang,” ujar Rudi, yang juga pemilik Dandito Restoran ini.

Setelah latihan terakhir ini, sambung Rudi, para atlet paramotor dan paralayang Dandito Team diberikan waktu untuk istirahat, sambil menunggu materi tambahan, yakni materi terbang untuk kelas sendiri.

“Atlet paramotor dan paralayang Dandito Team ini, setelah ini akan dipersiapkan untuk sejumlah lomba. Tapi masih menunggu kepastian jadwalnya dari pihak penyelenggara di Jakarta,” ungkapnya.

Atlet paramotor dan paralayang Dandito Team sediri, sambungnya, sudah pernah menorehkan sejumlah prestasi ditingkat nasional diantaranya meraih juara pertama pada kejuaraan paramotor dan paralayang di Bogor. Selanjutnya pada eksebisi PON di Papua, Dandito Team berhasil menyumbangkan dua emas dan satu perak.

“Khusus untuk PON di Padang mendatang, kita menargetkan sapu bersih emas. Sementara itu, jumlah keseluruhan atlet Dandito Team sebanyak 10 orang, yakni atlet paramotor dan paralayang,” tegasnya.

Sedangkan, atlet paramotor Dandito Team, Muhammad Fadhlan Akhyar mengaku senang bisa bergabung dan terbang sebagai atlet paramotor Dandito Team pada kegiatan rilis ini. Fadhlan bahkan sudah mempersiapkan diri sebulan sebelumnya.

“Mengikuti kegiatan ini termotivasi untuk jadi atlet paramotor, selain untuk menyalurkan hobi olahraga di bidang kedirgantaraan,” ujarnya. ditemui usai terbang perdana.

Fadhlan sendiri berharap, setelah berlatih dan resmi menjadi atlet paramotor Dandito Team, juga bisa memperkuat Balikpapan dalam Porprov dan Kaltim dalam PON mendatang.

“Target saya medali emas, dan alhamdulillah di olah raga ini, saya juga dapat dukungan dari orang tua dann keluarga,” ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: