Lanal Balikpapan
Kunjungan kerja Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diawali dengan meninjau Posko Pengamanan Jalur Logistik Laut IKN yang berada di Dermaga Melawai Lanal Balikpapan.

Danlanal Balikpapan Mendampingi Panglima TNI Kunker di Balikpapan dan IKN

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kunjungan kerja Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., diawali dengan meninjau Posko Pengamanan Jalur Logistik Laut IKN yang berada di Dermaga Melawai Lanal Balikpapan.

Pada kesempatan ini, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz juga melaporkan nantinya lahan reklamasi Dermaga Melawai ini juga akan dibangun Mako Lantamal sebagai wujud rencana validasi organisasi Lanal menjadi Lantamal atau Kodamar. Pembangunan diawali dengan Masjid yang sudah mencapai 25 persen terletak di sebelah Posko Pengamanan Jalur Logisik Laut IKN tersebut. Nantinya juga akan dibangun Monumen sekaligus Museum KAL Sepinggan TNI AL di sisi utara lahan reklamasi tersebut.

lanal ke ikn

Pelayaran Panglima TNI ke IKN dengan KRI Sidat-851 ini juga didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Fauzi dan Danlanud Dhomber Kolonel PNB Sidik Setiyono. KRI Sidat-851 merupakan KRI kelas yang sama dengan KRI Escolar-871 yang membawa Presiden RI-1 Joko Widodo ke IKN akhir tahun 2022 lalu.

Selain meninjau calon lahan Mabes TNI, Panglima TNI juga sempat meninjau Posko Bergerak Angkatan Laut atau Naval Mobile Command Post milik Lanal Balikpapan yang nantinya berguna sebagai sarana pos komando dan kendali bergerak dalam proses pembangunan Mabes TNI AL di IKN.

Di sela sela olahraga bersama dengan Prajurit Kodam, Lanal dan Lanud, Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Lanal Balikpapan akan divalidasi organisasinya dari Lanal kelas B menjadi Lanal kelas A atau Lantamal sebagai bentuk adaptasi pembangunan IKN di wilayah kerja Lanal Balikpapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *