Pemkot
Kepala Dishub Kota Balikpapan Elvin Junaidi

Dishub Kota Balikpapan Pasang APILL di Sejumlah Titik Lokasi

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan melakukan pemasangan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) di sejumlah lokasi di Kota Balikpapan.

Penambangan pemasangan APILL ini dilakukan di beberapa titik, salah satunya pertigaan simpang Beller yang menghubungkan Jalan MT Haryono dan Jalan Mayor Pol Zainal Arifin (Beller), Balikpapan Selatan.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, keberadaan APILL dibutuhkan untuk mengatur lalu lintas di kawasan tersebut. Mengingat lalu lintas simpang Beller tergolong cukup padat.

“Walau sudah terpasang, namun APILL hingga kini belum aktif atau beroperasi normal,” ujarnya, Rabu (16/11/2022).

Elvin mengatakan, belum diaktifkannya APILL tersebut karena melihat kondisi belum memungkinkan karena ada proyek perbaikan di depan kantor PDAM.

“Kita masih dipantau terus, kami sudah lakukan survei kondisi jalan. Tapi ternyata belum normal karena ada perbaikan di sekitar wilayah itu,” ucapnya.

Nantinya, setelah proyek perbaikan PDAM tuntas, pihaknya bisa mengaktifkan APILL tersebut.

“Pasti akan kami aktifkan nanti, sekarang belum bisa karena ada perbaikan,” tambahnya.

Selain di simpang Beller, katanya, Dishub juga telah memasang APILL di Karang Anyar yang menghubungkan antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Bongas.

“Pemasangan APILL di Karang Anyar hanya berpindah lokasi,” ungkapnya.

Sebab sebelumnya APILL sudah berada di simpang Karang Anyar yang kini telah berubah menjadi bundaran Tugu Kilang Minyak. Rencana ke depan, Dishub akan menambah APILL lagi di Grand City.

Khususnya di Jalan MT Haryono, tepat pintu masuk perumahan milik Sinarmas Land tersebut. Dia menilai kondisi lalu lintas di sana juga sudah padat. Apalagi banyak warga yang memanfaatkan jalan Grand City menuju Jalan Soekarno Hatta KM 7.

“Saat ini kami sedang kaji untuk rencana menambah APILL di Grand City,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *