Pemkot
Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud

Dukung IKN, TP PKK Balikpapan Siapkan Sejumlah Program di 4 Pokja

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemindahan IKN Nusantara di Kabupaten PPU, Kaltim mendapatkan dukungan penuh dari TP PKK Kota Balikpapan. Untuk itu, TP PKK Kota Balikpapan mempersiapkan sejumlah Program Kelompok Kerja (Pokja).

Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud mengatakan, TP PKK Kota Balikpapan telah mempersiapkan kader-kadernya dengan berbagai Program, mulai dari Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4.

Untuk Program Pokja 1, Nurlena menjelaskan, telah mempersiapkan strategi terkait cara mendidik anak-anak di Kota Balikpapan, sebagai generasi penerus bangsa.

“Bagaimana cara mendidik, agar anak-anak kami nanti menjadi penerus bangsa ini. Khususnya di IKN nanti, agar menjadi pemimpin-pemimpin yang memiliki karakter kuat, yang mencintai bangsa ini,” ujarnya, Minggu (27/11/2022).

Sedangkan untuk Program Pokja 2, katanya, adalah bagaimana TP PKK meningkatkan hasil UMKM, khususnya di Kota Balikpapan.

“Jadi kita nanti siap bersaing, dengan pulau-pulau yang ada di luar pulau Kalimantan. Kita melakukan pelatihan-pelatihan, sehingga kader-kader kami yang di Balikpapan mampu bersaing secara produk, secara kemasan. Sehingga dikonsumsi dengan rasa yang enak, lezat dan halalnya tercantum di kemasan tersebut,” ungkapnya.

Sedangkan Program Pokja 3, tambahnya, berkaitan dengan stunting, kata Nurlena, agar kelak bertepatan 100 tahunnya Republik Indonesia (RI) pada 2045, tidak ada lagi ditemui anak yang stunting.

“Jadi dari sekarang, kami memberikan masukan kepada masyarakat, bagaimana pentingnya melahirkan anak-anak yang tidak stunting,” paparnya.

“Dengan kita menanam makanan di sekitar rumah kita, yang sesuai dengan kemampuan imun, kemampuan dari ibu-ibu yang akan melahirkan nanti. Jadi tidak berbelanja di luar lagi, sehingga bisa memanfaatkan di lingkungannya sendiri,” tambahnya.

Di Pokja 4, Isteri Wali Kota Balikpapan ini menambahkan, adalah berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), agar lingkungan menjadi sehat.

“Itu menjadi cerminan di Pokja 4, ini menilai proses, dari hasil tanaman tadi yang ada di Pokja 3. Sehingga antara Pokja 3 dan Pokja 4 saling mengimbangi,” tukasnya.

Termasuk agar pencapaian ide kreativitas anak, juga turut diperhatikan.

“Terkait anak-anak memiliki vitamin yang cukup dengan kualitas yang cukup, hidupnya juga sehat berolahraga, vaksinasinya cukup dan dijauhkan dari masalah penyakit. Itu semua di Pokja 4,” ungkapnya.

Dalam kondisi anak-anak yang sehat, Nurlena yakin, pada 2045 akan mencetak anak-anak yang luar biasa, di kota Balikpapan khususnya di Kalimantan Timur.

“Maka dari itu, kami dengan adanya IKN di kota Balikpapan khususnya di Kalimantan Timur. Kami melakukan program-program yang kami masukkan, dari Pokja 1 2 3 dan 4,” paparnya,

Terkait IKN, Nurlena juga mengatakan bahwa, perputaran ekonomi di Kota Balikpapan mengalami peningkatan.

“Dengan adanya IKN, hotel-hotel sudah mulai terpenuh, terus hasil UMKM kami sekarang sudah hingga perekonomian Kota Balikpapan meningkat dengan signifikan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *