Balikpapan, Gerbangkaltim.com – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan terus berupaya membuka ruang seluas-luasnya untuk menjadi tempat belajar khususnya bagi mahasiswa di Kalimantan Timur. Melalui salah satu program Strategic Initiative, PT KPI Unit Balikpapan membuka kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi semester 5 keatas untuk melakukan praktik kerja lapangan di Bagian Communication, Relations & CSR.

“Program ini menjadi salah satu inisiasi perusahaan untuk mengenalkan proses bisnis PT KPI RU V khususnya di bagian Communication Relations & CSR yang dapat bersentuhan dengan seluruh fungsi. Sehingga, ketika lulus nanti mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan perusahaan dan lebih siap untuk bekerja,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Dodi Yapsenang, Rabu (01/05).

Ulun Begawi Project ini memiliki beberapa tahapan seleksi. Tahapan pertama yaitu pembukaan pendaftaran pada tanggal 30 April hingga 6 Mei 2024. Calon peserta Ulun Begawi Project dapat memilih posisi praktik kerja lapangan di berbagai bidang yang sesuai, baik dengan jurusan atau dengan minatnya.

Bidang kerja lapangan yang dibuka kali ini, diantaranya Community Development Assistant yang membantu melaksanakan program CSR Perusahaan ke masyarakat, Communication Relation Assistant memiliki tugas untuk terlibat dalam hal pengelolaan Stakeholder perusahaan serta Creative Design & Content Creator untuk membantu menyebarluaskan informasi program CSR PT KPI Unit Balikpapan ke masyarakat melalui akun media sosial perusahaan.

“Peserta yang berasal dari masyarakat sendiri diharapkan dapat lebih menyelaraskan baik program CSR, Relations hingga komunikasi khususnya dengan warga kota Balikpapan. Program ini juga merupakan upaya dari perusahaan, agar masyarakat dapat terlibat langsung dari dalam organisasi terutama bagi generasi penerus kota Balikpapan,” tambah Dodi.

Beberapa Persyaratan untuk dapat bergabung dalam Ulun Begawi Project ini antara lain; Mahasiswa aktif di Kalimantan Timur minimal Semester 5
(Diutamakan berdomisili di Kota Balikpapan); IPK Minimal 3.00 skala 4.00; Memiliki izin praktik kerja lapangan dari kampus; Memiliki Laptop pribadi; Sehat jasmani dan rohani; Mengirimkan portofolio video/design yang pernah dibuat (untuk creative design & content creator); Durasi praktik kerja lapangan selama 2-3 bulan (disesuaikan dengan izin dari kampus); Bersedia mengikuti tahapan proses seleksi; Bersedia praktik kerja lapangan di wilayah kerja Bagian Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan.

“Berbagai manfaat juga akan didapatkan bagi peserta terpilih. Selanjutnya, diharapkan peserta juga dapat menyebarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah didapat di Kilang Pertamina Unit Balikpapan kepada keluarga dan teman-temannya di luar nanti,” jelas Dodi.

Peserta Ulun Begawi Project yang terpilih tentunya mendapatkan pengalaman yang menarik karena dapat terjun secara langsung dalam aksi sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Selain itu, peserta juga mendapatkan pengenalan Proses Bisnis PT KPI Unit Balikpapan, sertifikat, pembimbing/mentor yang kompeten juga seragam kerja praktik.

“Persyaratan dan benefit dirancang untuk memudahkan dan memberi motivasi peserta. Diharapkan banyak mahasiswa dan mahasiswi yang dapat berpartisipasi dalam program magang ini. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi akun resmi Instagram PT KPI Unit Balikpapan di @pertamina_ru5,” tutup Dodi.

Share.
Leave A Reply