PASER, Gerbangkaltim.com – Hari Media Sosial (Medsos) yang diperingati setiap tanggal 10 Juni menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat tentang penggunaan media sosial yang bijak. Peringatan ini bertujuan untuk memastikan pemanfaatan media sosial dapat memberikan dampak positif bagi individu, masyarakat, dan pelaku ekonomi.

“Hari Medsos ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab,” kata Kasrani Latief, Sekretaris DPMD Kabupaten Paser sekaligus Ketua Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB).

Kasrani menjelaskan bahwa terdapat 6 perilaku komunikasi yang perlu dihindari di media sosial, yaitu:

  1. Koersif: Tidak mengunggah atau mengatakan hal yang bersifat mengintimidasi atau mengancam.
  2. Destruktif: Tidak mengunggah sesuatu yang destruktif atau merusak, tindakan ini bisa mengganggu harga diri, reputasi, atau perasaan orang lain.
  3. Menipu: Tidak mengunggah informasi bohong atau menipu.
  4. Intrusif: Perilaku komunikasi yang berusaha mendominasi ranah publik orang lain tanpa izin.
  5. Rahasia: Berbagai bentuk perilaku komunikasi yang berada di ranah privat atau mengandung informasi yang bersifat privat.
  6. Manipulatif: Tidak mengunggah atau mengatakan sesuatu yang bersifat manipulatif dan eksploitatif.

Kasrani mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang bijak bermedia sosial dan menyebarkan kebaikan. “Mari kita jadikan Hari Medsos ini sebagai momentum untuk meningkatkan perilaku bijak bermedsos dan menciptakan ruang digital yang positif dan konstruktif,” tambahnya.

Share.
Leave A Reply