Liburan sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024   sudah dimulai  dan masuk Kembali sampai tanggal 15 Juli 2024.  Liburan sekolah merupakan masa yang ditunggu oleh siswa, dengan liburan tiba pasti disambut siswa  dengan senang dan gembira ria, seperti kutipan lagu anak -anak “ libur telah tiba libur telah tiba , hore- hore dengan begitu betapa senangnya para siswa di masa libur.

Liburan sekolah adalah suatu masa yang dinantikan oleh siswa   dan suatu masa di mana siswa   dapat meluangkan waktu yang bebas dari tugas sekolah dan liburan ini adalah bisa refresing setelah lama belajar yang menguras pikiran.

Ketua I Komnas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Kasrani Latief, M.Pd mengatakan  “Masa liburan bukan hanya kegiatan yang menyenangkan misalnya mengunjungi suatu tampat atau destinasi liburan yang bagus dan mengunjungi tempat- tempat yang ngehits sekarang,  tetapi liburan bisa kita gunakan untuk  perkembangan bakat dan minat  anaknya, misalnya mengisi waktu luang sesuai hobi anak mereka apakah les renang, ikut latihan  tari, ikut latihan dram band atau lebih meningkatkan hafalan surat – surat pendek, serta anak – anak mereka dimasukkan ke pesantern fokus pada hafalan ayat suci Alquran..”

Kasrani Latief menambahkan  “Banyak sekali  manfaat dari liburan  sekolah, antara lain. 1)   Sebagai resfering bagi peserta didik yang sudah menguras pikiran dan tenaga mereka maka perlu refres kembali sehingga masuk kembali ke sekolah peserta didik memiliki semangat baru tenaga dan pikiran baru. 2). Memberi kesempatan  kepada siswa bersama keluarga tercinta atau quality time sehingga lebih banyak bersama keluarga dan lebih mengakrabkan kembali dengan keluarga. 3). Siswa  dapat  mengulang kembali pembelajaran hingga tidak lupa belajar dan belajar.  Sangat penting untuk menggunakan waktu liburan untuk belajar karena otak kita adalah otot, dan seperti otot yang lain ia akan kehilangan kekuatannya saat siswa  berhenti menggunakan pikiran untuk belajar.

Kasrani Latief mengingatkan  “Liburan akan selalu menyenangkan jika dimaknai bahwa liburan adalah sebagai ruang belajar pengalaman hidup, Libur yang bermakna adalah sebuah kesempatan berhenti sejenak dari rutinitas kesibukan sehari-hari sebagai suatu keseimbangan untuk mendapatkan kekuatan baru, semangat baru, pengalaman baru. Selamat Menikmati Libur Sekolah, mari  kita wujudkan “OLO MANIN ASO BUEN SIOLONDO (Hari Esok Harus Lebih Baik dari Hari Ini), menuju Indonesia EMAS 2045.

 

Share.
Leave A Reply