Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kodam VI Mulawarman menggelar Bakti TNI dengan menggelar Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) untuk yang pertama kalinya. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Makodam VI Mulawarman, Minggu (24/9/2023).

“Ini gelar rumah sakit lapangan yang pertama kali kita lakukan, karena kita memiliki rumah sakit lapangan yang baru dan mudah-mudahan tidak digunakan sih ya, ini sebenarnya dalam keadaan emergency, dimana kalau keadaan darurat baru digunakan seperti bencana alam,” ujar Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, usai melakukan peninjauan, Minggu (24/9/2023).

Ditambahkan Tri, penggunaan rumkitlap saat ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapannya mulai dari segi peralatan dan tenaga medisnya, jika sewaktu-waktu terpaksa harus digunakan.

“Penggunaan Rumkitlap ini karena saya ingin tau sejauh mana kesiapannya dan seefektif apa rumah sakit ini digunakan, dan ternyata bisa digunakan dengan baik alat-alatnya untuk mengantisipasi, kalau seandainya terjadi bencana, dan mudah-mudahan tidak terjadi bencana, sehingga Rumkitlap ini tidak terpakai,” jelasnya.

Tri menambahkan, dalam rangka menjelang Perayaan HUT ke 78 TNI, sesuai Perintah Panglima TNI Jenderal TNI Yudho Margono yang meminta jajarannya untuk melaksanakan olahraga bersama dan kegiatan Bakti TNI.

“Jadi selain melaksanakan Bakti TNI kepada 185 orang warga yang meliputi pemeriksaan Kesehatan, operasi katarak, khiatan massal, pemeriksaa gigit dan mulut serta donor darah, kita juga tadi melaksanakan Senam Bersama yang diikuti Anggota TNI dari Angkatan Darat, Laut dan Udara. Dan setelah itu kota melaksanakan jalan santai bersama,” tukasnya.

Kegiatan ini, katanya akan dilaksanakan selama 3 hari sebagai rangkaian dari kegiatan HUT Ke 78 TNI. Disamping kegiatan ini nantinya juga akan dilakukan sejumlah kegiatan lainnya yang diantaranya aksi memberishkan Pantai di sepanjang Teluk Balikpapan yang melibatkan TNI-Polri, Pemerintah dan warga.

“Pembersihan Pantai ini akan dikomandoi Danlanal Balikpapan yang berada di perkampungan Manggar dan selain itu pembersihan tempat ibadah. Dan puncaknya akan dilaksanakan upacara di Makodam VI Mulawarman tanggal 5 Oktober,” jelasnya.

Sementara itu, secara nasional menjelang HUT ke 78 TNI, digelar Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, mulai hari ini hingga Rabu, 5 Oktober 2023 mendatang.

“Mulai dari pagi ini, nanti secara berturut-turut sampai tanggal 5 Oktober, hari H-nya akan dilaksanakan upacara parade,” ujar Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono.

Panglima TNI bersama ratusan anggota TNI memeriahkan acara yang dimulai dengan senam pagi kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat mengitari area Monas.

“Selain pameran Alusista, kita juga gelar kegiatan bakti sosial, bakti kesehatan, donor darah semuanya ada di sini, masyarakat dapat hadir, melihat postur tni yang ada di sini,” kata Panglima.

“Silakan masyarakat berduyun-duyun untuk melihat hiburan ataupun alutista TNI yang ada di Monas ini,” tambahnya.

Sebagai informasi, ada 125 unit alutsista TNI yang dipamerkan di Monas. Rinciannya, lima unit dari Mabes TNI, 45 unit dari TNI AD, 45 unit dari TNI AL, dan 30 unit dari TNI AU.

Share.
Leave A Reply