DPRD
Ketua Komisi III DPRD Balikpapan, Alwi Al Qodri

Kondisi Pelabuhan Speed Boat dan Klotok Balbar Jadi Perhatian Dewan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – DPRD Kota Balikpapan meminta Pemkot Balikpapan agar dapat segera melakukan renovasi terhadap Pelabuhan speedboat dan klotok di Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Pasalnya, sejak tahun 2016 lalu, sudah ada feasibility study (FS) maupun detail engineering design (DED) untuk pembangunan Pelabuhan tersebut
dengan anggaran sebesar Rp 80 miliar, namun belum ada tindak lanjut terkait hal tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan, Alwi Al Qodri mengatakan, saat ini kondisi Pelabuhan speed boat dan klotok di Kampung Baru, Balikpapan Barat, sudah tidak representatif lagi karena, aktifitasnya sudah meningkat namun kondisinya terlihat semrawut tau tidak teratur.

“Padahal, setiap harinya dipadati ratusan penumpang yang bepergian pulang-pergi ke Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU),” ujarnya, Rabu (21/9/2022).

Alwi menyampaikan, renovasi ini merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kaltim, maka pihaknya terus mendorong ke DPRD Kaltim agar pelabuhan tradisional ini segera mendapat sentuhan perbaikan fasilitas sebagai jaminan keselamatan bagi warga yang memanfaatkan pelabuhan itu.

“Anggaran sebesar itu Provinsi bisa bantu, dan telah menyerahkan wacana revitalisasi ini ke Hasanuddin (Ketua DPRD Provinsi Kaltim),” tegasnya.

Menurutnya, renovasi atau revitalisasi Pelabuhan Kampung Baru ini dinilai penting. Apalagi, Kampung Baru adalah pintu gerbang jalur laut menuju PPU yang telah ditunjuk sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Sekadar diketahui, Kota Balikpapan memang berbatasan langsung dengan perairan PPU, khususnya daerah Balikpapan Barat.

“Kami minta didesain dan ditata ulang agar lebih multifungsi, kalau bisa di bagian atasnya dibangun parkiran, di bagian bawah sebagai pelabuhan dan di tengahnya dibangun pasar. Sesuai desain yang telah ada,” ungkapnya.

Alwi menambahkan, kemungkinan renovasi Pelabuhan Kampung Baru paling cepat baru bisa direalisasikan setelah adanya pengusulan anggaran dalam APBD 2024.

“Tidak mungkin masuk dalam pembahasan APBD 2023 karena sudah selesai pembahasannya beberapa waktu lalu,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.