Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan secara resmi melantik dan mengambil sumpah janji 30 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 6 Kecamatan Se-Balikpapan yang akan bertugas dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan 2024.

Pelantikan ini langsung dilakukan oleh Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono didampingi 4 komisioner lainnya dan disaksikan Kepala Kesbangpol Sutadi sebagai perwakilan Pemerintah Kota Balikpapan, Ketua Bawaslu serta para Forkopimda Kota Balikpapan.

Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono mengatakan, dengan terbentuknya PPK diharapkan dapat menyukseskan visi bersama, yaitu sukses, tuntas dan berkualitas.

“Semoga dengan terbentuknya rekan-rekan Badan Adhoc kecamatan yang hari ini sudah diambil sumpahnya. Untuk bersama-sama dapat mewujudkan Pilkada pada 27 November yang damai, aman dan tertib,” ujarnya.

Yudho menambahkan, mengacu pada kesusksesan Pemilu 2024 lalu yang berjalan lancar, aman, tuntas dan damai. Harapan besar itu juga tak lepas dari peran serta seluruh pihak. Oleh karena itu, kata dia, untuk mewujudkan hal tersebut tentu KPU Balikpapan tidak bisa bekerja sendiri. Sehingga perlu dukungan semua pihak, baik PPK, Forkompinda dan stakeholder lainnya

“Siapalah kita, kita ini bukanlah orang yang hebat, kita ini bukan juga orang yang kuat, semuanya saling berkelindan. Saling menopang dan membantu, maka kesolidan itu adalah hal yang utama,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketu KPU Balikpapan meminta kepada anggota PPK yang baru saja dilantik, untuk bisa fokus, disiplin dan konsisten dengan semangat yang sama serta frame kebangsaan.

“Niscaya ketiga jimat ini kita adopsi dalam kerja-kerja di PPK nanti. Insya Allah kita akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan Pilkada yang lancar, aman dan damai,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Sutadi yang mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, mE mengatakan, Pemkot Balikpapan akan terus mendukung dan membantu KPU Balikpapan dalam menyukseskan Pilkada 2024. Dan Pemkot Balikpapan juga akan menghormati dan mendukung prosedur kerja KPU beserta jajarannya, meskipun skalanya tidak sebesar Pemilu yang lalu.

“Pilkada ini tentunya memiliki arti yang sangat penting dalam menghasilkan kepala daerah. Yang akan memimpin pembangunan di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Dikatakannya, jika terjadi persoalan, maka Pemkot Balikpapan meminta kepada seluruh pihak ketika menanganinya harus kembali kepada aturan pedoman, kode etik dan filosofi demokrasi.

“Saya minta juga pada camat, karena PPK ini akan difasilitasi di kecamatan tentunya juga dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan. Saya berharap semuanya dapat memfasilitasi sebaik- baiknya,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply