Kodam
Pangdam VI/Mlw, Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo secara resmi menutup Latihan Bersama (Latma) Keris Kartika Malaysia Indonesia-45AB/2022 (Kekar Malindo-45AB/2022), antara TNI AD dari Yonif Raider 613/Raja Alam dengan Tentera Darat Malaysia (TDM) di Daerah Latihan Kecamatan Juata Laut, Kota Tarakan, Kaltara. Senin (31/10/2022).

Latma Kekar Malindo-45AB 2022, Wujud Kerjasama Militer Indonesia-Malaysia

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pangdam VI/Mlw, Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo secara resmi menutup Latihan Bersama (Latma) Keris Kartika Malaysia Indonesia-45AB/2022 (Kekar Malindo-45AB/2022), antara TNI AD dari Yonif Raider 613/Raja Alam dengan Tentera Darat Malaysia (TDM) di Daerah Latihan Kecamatan Juata Laut, Kota Tarakan, Kaltara. Senin (31/10/2022).

Latihan bersama antara kedua negara tersebut sudah terlaksana sejak tahun 1977, dengan pelaksanaan 23 kali di Indonesia dan 22 kali di Malaysia. Pada pelaksanaan Kekar Malindo-45AB/2022 ini, TNI AD mengerahkan personel penyelenggara 100 orang dan pelaku 175 orang dari Yonif Raider 613/Raja Alam. Sementara TDM mengerahkan pelaku sejumlah 120 orang dipimpin Comanding Officer 26 RAMD Lt Kol Mohd Zahirin bin Zainol Abidin.

Pangdam VI/Mlw menyampaikan bahwa Latihan Bersama Kekar Malindo-45AB/2022 ini merupakan latihan Bilateral antara negara Indonesia dan Malaysia sekaligus mewujudkan kerja sama militer internasional untuk mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan Darat Indonesia dan Malaysia.

“Selama pelaksanaan Latma Kekar Malindo-45AB/2022, para peserta telah menerima beberapa materi, baik ilmu taktik maupun tehnik bertempur, saya berkeyakinan bahwa para peserta dapat menyerap dengan baik seluruh ilmu yang telah dilaksanakan” ujar Pangdam.

Menurut Pangdam, latihan ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman serta dapat mencapai sasaran latihan sesuai dengan yang diharapkan. Beliau pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara latihan dan semua pihak sehingga dapat berjalan sesuai jadwal yang telah disusun secara aman dan lancar.

Dalam keterangan Pers tertulis, Kapendam VI/Mlw Kolonel Inf Taufik Hanif, S.Sos menginformasikan bahwa Latihan yang digelar di Yonif Raider 613/Raja Alam dan Daerah Latihan Juana Laut, Kota Tarakan ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober sampai dengan 2 November 2022, meliputi Pra Latma mulai tanggal 20 sampai dengan 23 Oktober 2022, Latma tanggal 24 sampai dengan 31 Oktober 2022. Adapun 2 hari terakhir dilaksanakan olah raga bersama dan wisata budaya untuk mempererat hubungan antara anggota TNI AD dari Yonif Raider 613/Raja Alam dan TDM serta mengenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Tarakan kepada Prajurit TDM.

Hadir pada Upacara Penutupan tersebut Gubernur Kalimantan Utara, Kapolda Kalimantan Utara, Commander Of 13’th Infantry Brigade Tentera Darat Malaysia, Brigadir Jenderal Suhaimi Bin Hj. Shamsuddin, Danrem 092/Maharajalila, Danlantamal XIII/Tarakan, Kabinda Kalimantan Utara, Danlanud Anang Busra, Para Pejabat Forkompimda Provinsi Kalimantan Utara serta Walikota beserta Forkopimda Kota Tarakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *