Kodam VI Mulawarman
Pangdam VI Mlwn Mayjen TNI Tri Budi Utomo didampingi Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto saat menyaksikan parade Pasukan dan Alutsista di HUT Ke 78 TNI, Kamis (5/10/2023).

Pangdam VI Mlw Sebut Netralitas TNI Tidak Ada Kompromi

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menegaskan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, netralitas TNI tidak untuk dikompromikan lagi.

“Netralitas akan menjadi atensi kita, apalagi ke depan kita akan melaksanakan Pesta Demokrasi secara bersama-sama, makanya kita tadi bersama Kapolda, Kajati, Gubernur dan Ketua DPRD dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2024. Dan sudah menjadi penekanan dan kewajiban bahwa netralitas terhadap TNI harus dijunjung tinggi dan tidak ada lagi kompromi,” ujarnya, usai menjadi Inspektur Upacara HUT ke 78 TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (5/10/2023).

Tri Budi Utomo mengatakan, Kodam VI Mulawarman di HUT ke 78 TNI ini ingin hadir bersama-sama mulai dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) agar pelaksanaan Pemilu 2024 bisa terlaksana sesuai azas Jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia (Jurdil-Luber).

“Kita ingin Pemilu terlaksana sesuai asasnya,” ucapnya.

Dikatakannya, sinergi TNI dalam HUT Ke 78 TNI ini adalah dengan menggelar Alutsista untuk memperlihatkan, bahwa TNI siap menghadapi segala tantangan dan ancaman bagi keutuhan NKRI.

Pangdam juga menegaskan, untuk kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) saat ini sudah terlaksana untuk yang ke 118. Dimana kegiatan ini tidak hanya melibatkan TNI, namun juga Kepolisian.

“TMMD ini dilaksanakan secara membaur dengan masyarakat, kita ingin dekat dengan masyarakat, makanya anggota TNI yang melaksanakan TMMD tinggal di rumah masyarakat. Selain itu, masyarakat dengan TNI bersama-sama membangun daerahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Komando Menwa Mulawarman Kaltim, Dr. H. Abdul Rais, SH, MH mengatakan, di moment peringatan HUT ke 78 TNI harus dijadikan momentum bagi anak bangsa untuk menumbuhkan patriotisme, nasionalisme, NKRI harga mati dan Pancasila untuk terus dipertahankan.

“Jiwa ini harus tertanam pada para generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Terakit netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, Rais menegaskan, TNI-Polri harus menjaga netralitasnya agar pelaksanaan pemilu berjalan sebaik-baiknya.

“Siapa pun yang terpilih nantinya harus dihormati, karena itulah pilihan hasil demokrasi,” tegasnya.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang juga hadir dalam peringatan HUT ke78 TNI ini juga menyampaikan apresiasi dan berharap TNI selalu jaya serta terus memberikan pengabdiannya untuk bangsa dan negara.

“Dimana di tahun politik tetap menjaga kondusif negara dan TNI berada di garda terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANL-MEI
hosting terpercaya
tes